From: David Mareng <davidmar...@yahoo.com>
Subject: Re: [pelaut] RE: NPWP
To: pelaut@yahoogroups.com
Date: Tuesday, September 7, 2010, 4:18 PM

      met malam kawan2 pelaut..

Saya mau bagi pengalaman mengenai NPWP.

  1. Memang benar sekarang kalo mau beli sesuatu ato pinjam uang dibank diatas

50 jt harus ada NPWP

  2. Kalo kita sdh mempunyai NPWP harus lapor tiap tahun n tidak perlu bayar

pajak (untuk yg bekerja

      diluar negri) caranya:

          a. Download form 1770 , 1770 s. 1770 ss di website pajak lalu kita
isi

data diri & no NPWP &

              dengan daftar gaji 0 (NIL) dan secara otomatis semua akan
terisi 0

( NIL) semua ini sdh

              otomatis kalkulasi dari pajak.

          b. Perhatian waktu mengisi jenis harta kekayaan di form 1770 ss harap

benar2 atau sesuai misal

              kalo emang punya 2 rumah, 1 mobil,1 sepeda motor, tabungan 200 jt

ya diisikan karena ini untuk

              bukti bila tahun depan harta kita bertambah contohnya tambah
rumah

uang pembeliannya

              bisa dipertanggungjawabkan dari mana jadi bukan hasil korupsi.

          c. Diusahakan PKL harus disahkan dikedutaan ato disyahbandar sebagai

bukti kalo kita memang

              bekerja dikapal tersebut dan difotokopi untuk diserahkan

          d. setelah diserahkan anda akan menerima secarik kertas laporan pajak

semacam kwitansi besarnya

   3. Download PERPU PAJAK No 2 thn 2009 ini menerangkan dipasal 3 PERPU

tersebut bahwa untuk

       pekerja indonesia yg bekerja diluar negri lebih tidak dikenakan pajak.

Jadi kl kantor pajak tanya

       sodorkan saja PERPU tsb.

Akhir kata bila ada kekurangannya bisa diliat di form masing2 n PERPU PAJAK NO
2

thn 2009 n web site PAJAK