Dear Bapak-bapak sekalian...
ada sebuah kontrak pekerjaan di Pelsus yang akan kami ikuti. Dalam kontrak
tersebut unit yang akan kontrakkan pengoperasiannya adalah sebagaimana tersebut
di bawah. Untuk itu mohon informasi, dokumen/kompetensi apa yang harus dimiliki
oleh awak yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Saya sudah baca sekilas UU
Pelayaran, karena basic saya bukan orang pelayaran, saya tidak mengerti juga.
Atas kesediaan Bapak-bapak, saya ucapkan terima kasih.

Daftar unit:
1. Kapal Mooring/Kepil; 22,7M3, 125 PK
Tempat operasi hanya di sekitar pelabuhan, garis pantai saja, tidak ada
akomodasi onboard. JIka tidak sedang bekerja awak standby di darat.

Komen: Seorang teman menagatakan tidak perlu ANTD dan ATTD, karena unit ini
tidak terkategori "kapal" namun unit sebagai bagian dari fasilitas sebuah
Pelabuhan khusus, dokumen yang diperlukan cuma SKK-A dan SKK-B. Awaknya tidak
bisa disebut ABK tapi Operator.
Apakah memang betul demikian?

2. Small Boat; 7M3, 40 dan 75 PK (Mesin Tempel)
Tempat operasi hanya di sekitar pelabuhan, garis pantai saja, tidak ada
akomodasi onboard. Jika tidak sedang bekerja awak standby di darat. Tugas utama
adalah melayani pekerja yang melakukan peawatan dermaga.

3. Speed boat; 30 M3, 2 x 200 PK
Tempat operasi tidak hanya di sekitar pelabuhan saja, sekali waktu juga ke
laut, tidak ada akomodasi onboard. Jika tidak sedang bekerja awak standby di
darat.

4. Perahu Karet + mesin tempel
Tempat operasi di seluruh perairan, sungai dan laut, sebagai bagian dari regu
penggaulangan tumbahan minyak.

5. Ponton sungai; 317M3, derek tunda.
Tempat operasi di sungai, menyeberangkan kendaraan dan alat berat.