jika boleh tau Crewnya orang mana aja ya ?
Saya sekarang kerja di Svitzer operasi di Port sohar Oman, disini Officer orang
indonesia dan AB orang lokal Oman, kita disini single Master dan Single
Engineer , kerja standby 24 jam lebih parahnya lagi master kerja rangkap Ab dan
Engineer kerja rangkap oiler. Ab kerja seperti master, menyedihkan bukan, kita
sibuk kerja AB kita cuma nongkrong didepan tv dan hisap rokok, tidak pernah
peduli dg apa yg kita hendak perbuat dan apa yg terjadi di kapal, kerja mereka
cuma tranfer tali ke kapal lain aja, jika kita order untuk maintenace mereka
selalu mengelak, ada saja alasan yg disampaikan.

kita disini betul2 tidak pernah dihargai layaknya seorang perwira diatas kapal,
karena basic mereka bkn dari Pelaut, mereka adalah sopir taxi dan buruh kasar
lainnya yg seperti tidak pernah mengenyam bangku pendidikan sebelumnya. tidak
tahu sopan santun dan tata krama. jadi meski kita ini master atau manager pun
mereka tetap mengganggap kita ini masih dibawah derajat mereka.
kita sebenarnya sudah melaporkan tentang keluhan kita ke company, tp percuma
karena ini sudah perjanjian antara company dan pemerintah Oman yg harus
mempekerjakan orang lokal dan company pun tidak mudah untuk memecat mereka
karena mereka dilindungi hukum yg dibawah naungan Man Power.
Bila company diminta memilih antara officer dan AB orang lokal maka company
akan lebih mempertahankan Mereka Ab orang lokal dibanding kita, karena kontrak
kita hanya sebatas personal.
Hari ini saya mengajukan Resignation ke company, karena saya sudah tidak
sanggup lagi menjalaninya.
kiranya, apa yg saya share ini bisa bermanfaat buat kawan pelaut indonesia dan
semoga pelaut indonesia selalu bisa jadi yang terbaik.

thanks .