Salam Pelaut,

Saat ini saya didera Batuk yang berkepanjangan. Ini membuat otot perut
mengejang dan menjepit syaraf. Saya disuruh batuk pelan pelan saja. Lha gimana
atuh. Dari sononya saya batuknya ya kaya begini. Wak wek wok wak wek wok.
Akibatnya ya saya harus merasakan sulitnya duduk. Sulitnya tidur. Dan segala
kesulitan lainnya. Tepat dugaan anda: Pada saat itulah  saya merasakan
nikmatnya sehat. Apakah kemudian saya berjanji kalau sudah sehat mau begini mau
begitu ? Ya nggak lah. Karena saya takut kalau tidak bisa menepati janji. Saya
tidak mau kalau berjanji hanya untuk dilanggar.

Jadi sekarang apa maksudnya saya mau REVOLUSI SAMPAI MATI. Mudah mudahan saja
pemikiran ini bisa membangun kita bersama menjadi manusia baru, Pelaut Baru dst
dst.

Kita disini, bersepakat untuk bergabung apapun alasannya. Saya hanyalah orang
yang kebetulan pada tahun 1999 menemukan keberadaan E GROUPS (cikal bakal
yahoogroups) dan memanfaatkannya. Sama seperti anda yang saat ini menemukan
banyak sosial media lainnya.

Saya inginkan REVOLUSI ini dimulai dari diri kita sendiri. Karena kalau mau
merubah orang lain ya gimana ya ? Paling tidak orang lain (yang disini kita
sebut member) mempunyai pemikiran yang sama. Kalau bahasa kerennya mempunyai
VISI alias VISION alias mimpi untuk menjadi MANUSIA BARU.

Bagaimana caranya mencapaiya dibikinlah MISSION dan tidak harus IMPOSSIBLE.
Buat kita tidak ada MISSION yang IMPOSSIBLE. Semuanya POSSIBLE, semuanya
mungkin. Apa sih yang tidak mungkin untuk diri kita sendiri.

Marilah kita sama sama membulatkan tekad untuk melakukan REVOLUSI. Yang punya
pemikiran kearah tercapainya hal hal positip silahkan kita sharing disini.

Satu hal yang saya ingin utarakan. Marilah kita REVOLUSIKAN cara berpikir kita
untuk tidak menghina orang lain, apalagi member (saudara) kita sendiri disini.

Siapapun dia, apapun pendidikannya, apapun agamanya. Penipu sekalipun. Penjahat
sekalipun. Hargailah dia sebagai MANUSIA BARU.

Saya berterima kasih kepada Saudara saya yang baru saja mengcopy paste
perusahaan saya TENAGA BARU menjadi TENAGA SATU. Saya salut atas keberaniannya
meskipun kurang berinovasi. Masa cari nama kok susah bener. Atau ada maksud
lain. Entahlah. Saya doakan agar usahanya sukses lancar dan ahirnya banyak
member disini yang mendapatkan pekerjaan melalui perusahaannya.

Sedikit deviasi dari pembicaraan awal: Soal copy paste diatas membawa hikmah
tersendiri. Karena dimirip miripkan namanya. Banyak Prinsipal Baru menanyakan
saya. Jadi biarlah angin berlalu asal baunya juga terbawa dan tidak
ditinggalkan ditempat saya. Amin

AYO... siaptah (katanya ini ahiran yg bener ya) kita untuk berevolusi?
Jawabannya jelas harus SIAP.
Tenaga Baru juga mempunyai kartu safety namanya SIAP (Safety In All Places).
Jadi kenapa anda tidak punya kartu SIAP sendiri.

Sebelum menulis ini saya baru saja mengapprove postingan yang beritanya ada
pelaut pemula yang datang ke Jakarta dengan modal pas pasan dan berharap bisa
membuat segala dokumen yang diperlukan. Yang saya nggak ngerti Pelaut pemula
kok harus bikin AFF dan MEFA itu aturannya dari mana rek.

Mari kita bahas tanpa harus ada amarah. Amarah hanya akan meningkatakan asam
lambung saja. Kalau didarat bisa lari ke warung nyari obat. Kalau dikapal
kebetulan obatnya nggak ada kan merana.

Ayo kita canangkan tahun 2013 ini mejadi tahun REVOLUSI PELAUT INDONESIA.
Kenapa tidak. Motornya ya member semua disini.

Jadi saya harapkan mulai detik ini, jam ini, hari ini, di Milis Pelaut kita ini
tidak akan ada lagi caci maki, umpat mengumpat dlsb.

Aturan akan semakin ketat. Parahnya tidak ada sosialisasi. STCW 2010 salah satu
contohnya. INi untuk pelautnya. Khusus Manning Agent MLC 2006 sertifikasi juga
akan banyak memakan korban. MLCnya sendiri belum diratifikasi akan banyak
berdampak terhadap kapal dan pelaut Indonesia. Akhirnya peluang diambil oleh
RSO asing. Tarip utk mendapatkan MLC 2006 dihargai ribuan USD.

Saya harapkan untuk pelaut pemula banyak mendapat masukkan disini dan bukannya
caci maki. Bagi para senior saya harapkan untuk bisa membagi ilmunya bagi
junior mereka.

Silahkan membuat kegiatan ditempat masing masing. Untuk di jakarta, kantor saya
terbuka lebar untuk dimanfaatkan.

Ingat REVOLUSI tidak akan berhenti sampai disini...karena revolusi kita adalah
REVOLUSI SAMPAI MATI.

Salam dari Klender
63 and counting down.

Have a nice week end.