Salam PERMIAS,

Setahu saya, Social Security Number (SSN) adalah bukan ijin kerja.  Dengan
mempunyai SSN kita tidak 'mendapat legalitas' untuk kerja, karena ijin
kerja sebenarnya diatur/dikeluarkan oleh Immigration and Naturalization
Service (INS) berupa sebuah kartu (working permit, green card, dll).
Requirement untuk mendapatkan SSN sekarang kelihatannya memang lebih
ketat.  Kesalahpahaman banyak employer mengenai SSN sebagai tanda bahwa
seseorang is legally berada di US dan bisa bekerja banyak dimanfaatkan
oleh kita-kita.  SSN dan green card palsu juga bertebaran dimana-mana.
Just go to any INS' office around your neighborhood (if any), banyak
orang-orang yang berdiri-berdiri disana akan nawarin green card and SSN
palsu.  Once ketahuan, saya rasa ktia tahu resiko minimum yang ada:
deportasi.

Kalau anda F-1 student (pemegang visa F-1, which makes about 12000-18000
Indonesian students), anda bisa mendapatkan ijin kerja dari INS saat ini
untuk bisa kerja full-time.  Selain itu, US government juga sudah
memberikan keringanan lain dengan membolehkan international students dari
Indonesia, Malaysia, Korea dan Thailand untuk sekolah part time (3 kredit
untuk Graduate students, 6 kredit untuk undergraduate).  Hubungi
international student office disekolah anda masing-masing untuk keterangan
mengenai ini.  Ijin kerja ini berlaku UNTUK SEMUA SEKOLAH DAN SEMUA F-1
STUDENTS DARI NEGARA-NEGARA TERSEBUT DIATAS.  Jadi kalau ada sekolah yang
bilang, "Oh, this is not good in our school", that's not true.  Ini adalah
HAK anda sebagai seorang F-1 VISA holder, please claim it.

Salam,
Okki Senobroto
[EMAIL PROTECTED]
http://www.nawala.com