Pandir;

Social Security Number bukanlah ijin kerja. Nomor tersebut hanya dipakai
untuk identitas kredit, pajak, dan tunjangan social security sesudah
pensiun. Jadi kalau ada yang menawarkan pekerjaan dengan modal SSN
(tanpa ijin yang legal) sebaiknya dipikir2lah dahulu. Anda bisa
dipenjara sebelum dideportasikan.
Visa yang sah untuk bekerja adalah:

H-1 (untuk satu perusahaan dalam bidang khusus)
F-1 (untuk di dalam kampus dan ijin khusus tambahan untuk luar kampus)
J-1 (untuk di dalam kampus dan ijin khusus tambahan untuk luar kampus)
dan beberapa lainnya yang saya kurang tahu.

Perhatian:
Tourist Visa tidak berlaku untuk bekerja.

Visa pekerja/TKI (workers visa) yang disebut juga H-1 adalah visa yang
diperlukan untuk dapat bekerja di AS.
H-1 memerlukan petisi khusus dari perusahaan dengan beberapa dokumen
lainnya yang membuktikan bahwa keahlian seseroang kandidat tidak akan
mengurangi kesempatan kerja penduduk setempat (pekerjaan selalu
diprioritaskan untuk warga negara setempat). Saya sendiri baru diberikan
visa H-1 dengan sponsor kantor arsitek di sini tahun lalu. Masa
berlakunya adalah 2 x 3 tahun. Mungkin akan saya pakai selama 6 tahun,
mungkin juga tidak.

Satu lagi yang banyak diminati yaitu Green Card (Resident Alien Card)
yang memberikan anda hak seperti warga negara AS lainnya kecuali hak
pilih. Anda tidak perlu visa untuk masuk US bila anda mempunyai Green
Card, meskipun Anda diwajibkan tinggal di AS (you must stay in US for a
stated duration length of time in a year) sebagai syarat utama.

Peace.

INDI

--
Indi Soemardjan