Mas Rizwan
Mungkin tokohnya banyak, cuma yang saya tahu yang paling getol
menyuarakan adalah Prof DR Mubyarto (baca juga artikel di Suara
Merdeka). Ybs telah menyuarakan idenya sejak ORBA, namun demikian
suaranya kalah kuat dengan ekonom UI yang lebih berorientasi pada
ekonomi Pasar.
menurut saya kelemahan ekonom UI itu terlalu berorientasi pada ekonomi
bebas tanpa mempertimbangkan distorsi-distorsi yang ada, termasuk
didalamnya belum adanya UU antimonopoli yang tegas, pengaturan bussines
yang fair dll, hasilnya sebagaimana kita rasakan sekarang....yang kaya
makin kaya - yang miskin tetap saja miskin,
bahkan ekonomi hancur.
Selain itu kebanyakan konglomerat kita adalah konglomerat "dagang", yang
tujuan utamanya hanya mencari untung secepat-cepatnya, sehingga seperti
kita lihat usaha mereka kebanyakan hanya berbentuk membeli lisensi,
disektor otomotif cukup puas hanya sebagai ATPM dll. So hasilnya adalah
nilai tambah yang relatif rendah.....banding
kan dengan Korea.

salam