Orang yang pengin berbuat baik itu memang kadang menghadapi tantangan
berat, apalagi yang dihadapinya adalah orang-orang yang punya duit, yang
selama ini sudah setle. Jelas mereka-mereka ini melihat AS seperti duri
yang mengancam existensi mereka selama ini.
Yang saya tahu apa yang dilakukan oleh AS adalah baik, paling tidak
merangsang kita dan menggugah kita bahwa kita harus bangkit dari
kebodohan dan kita menjadi berpikiran bahwa tidak selamanya kita harus
puas hanya sebagai pencari kerja. Rangsangan bagi kita-kita untuk
berbuat sesuatu yang produktif...timbulnya kesadaran bahwa Indonesia itu
milik kita...hutan-hutanya, tambang-tambangnya dll, bukanya sebagai
orang lain dinegeri sendiri.
Seandainya berjuta-juta orang Indonesia berpikir seperti itu saya yakin
indonesia akan kuat.....terutama ekonomi domestiknya.