Teman-teman,

Saya prihatin dengan penutupan permias@. Saya sendiri tidak terlalu aktif
menulis di milis ini, tapi saya pembaca yang baik ;-). Tulisan Anda semua
sangat banyak menambah wawasan saya. Saya juga nggak tau, siapa saja
sebetulnya anggota milis ini. Tadinya saya kira, semua ya mahasiswa atau
alumni. Rupanya tidak, dan saya rasa itu justru memperkaya milis ini.

Ada beberapa hal yang mau saya kemukakan:
a. Apakah memang tepat untuk membuat milis ini eksklusif hanya untuk
mahasiswa? Kalau memang itu option yang hendak dikejar, alangkah bagusnya
kalau voting dahulu diantara anggota milis ini.
b. Di milis lain yang saya ikuti, subscription memang ditangani manual oleh
admin-nya. Bukan berarti bahwa mesin nggak baik, tapi dengan adanya
monitoring di tahap awal, keanggotaan akan lebih terpantau (premis: akan
terpantau dengan lebih baik). Yang saya nggak lihat di milis kita ini adalah,
setiap anggota memperkenalkan dirinya: mulai nama, sekolah/pekerjaan, dsb.
Kelihatannya, kalau itu dilakukan, setidaknya kita jadi tahu, siapa sih si
'A' ini, kok ngomongnya bagus, atau kok ngomongnya ngaco terus. Admin juga
sebaiknya mempublikasikan daftar anggota milis secara berkala, entah lewat
milis-nya sendiri, atau lewat URL. Akses ke URL tentu bisa dibuat tertutup,
pakai password misalnya.

Itu saja. Maaf kalau ada yang tersinggung.

Wassalam,
Nina
Honolulu

Kirim email ke