Rekan2 anggota milis permias, saya melihat diskusi
yg menyangkut soal Xanana sudah keluar jalur karena
di dalamnya sudah mengandung adanya unsur pelecehan
terhadap suatu ajaran agama atau pun kebijakan yg
berkaitan dengannya. Ditambah lagi hal ini dilakukan
oleh pihak yg bukan penganut agama tersebut.

Bila hal ini diteruskan, maka bukannya tidak mungkin nanti
akan terjadi saling mempertanyakan ajaran agama lainnya
dan juga kebijakan2nya.

Perlu diperhatikan disini antara BERTANYA soal ajaran agama atau
pun kebijakan yg berkaitan dengannya, dengan MEMPERTANYAKAN.

Kalau sudah sampai tahap oang yg bukan penganut agama
tersebut mempertanyakan ajaran/kebijakan suatu agama
maka hal tersebut sudah masuk ke dalam taraf ikut campur
urusan agama orang lain. Akan jauh lebih baik bila pihak
yg bersangkutan mengurusi ajaran/kebijakan agamanya sendiri.

Mohon hal ini diperhatikan dengan baik oleh rekan2.

catatan:
Saya bukan pengikut/beragama Katolik. Walau demikian, saya merasa
mempertanyakan soal ajaran agama Katolik atau pun mempertanyakan
soal kebijakan gereja Katolik dimana orang tersebut bukan
pengikut/beragama Katolik, jelas sudah keluar.