>iya nih, udah tau si mas yang satu ini begitu anti sama yang namanya
>"perusuh indonesia". jadi sebenarnya tujuan beliau adalah menumpahkan
>kemarahan sama pak xanana itu. tapi karena kebetulan pak xanana orang
>kristen, jadilah agamanya ikut kena getahnya.

Kenapa kesimpulannya kayak gitu? Si Xanana dulu digambarkan sebagai tokoh
karismatik, yang suci, yang saleh. Nyatanya, walaupun sama-sama Katolik, si
orang suci ini lebih memilih untuk nikah hanya di catatan sipil. Ngapain?
Apa adalah kesulitan kalau nikah di gereja? Itu kan alasan dia saja.
Sekarang terbukti kawin lagi setelah jadi "orang besar".

Kalau anda teliti, Belo saja tidak mau hadir. Mungkin takt ada komplikasi
dengan Vatican, atau memang dia sendiri tak setuju. Apalagi si mempelai
wanita dalam keadaan hamil besar.

>ingat ketika si mas marah-marah sama GD. sampe-sampe dia nuduh "orang-orang
>suci" itu tidak beragama. (apa nih, maksudnya? hihihi...)

Orang suci? Wah, sejak kapan Gus Dur jadi orang suci? Saya mengingatkan
bahwa dalam Islam tidak ada orang suci. Nabi Muhammad aja disebut ada dosa
walaupun kecil kok. Gimana nih? Gus Dur ini dengan kedok humanis berusaha
memperbolehkan paham komunis hidup lagi. Ada beberapa orang di sini yg
"humanis" lalu membela Gus Dur. Karena saya kenal tulisannya yg sering ada
sentimen sektarian, saya yakin dia tidak paham bahwa korban PKI bukan hanya
Islam. Ingat bung, PKI pertama lahir dari perut organisasi Islam PERTAMA di
Indonesia. Penyusupan ini juga terjadi di organisasi nasionalis PNI (yg jadi
cikal PDI). Dengan mengalaman ini, mengapa saya tidak boleh curiga
jangan-jangan si orang suci anda ini setali tiga uang dengan SEMAUN?

>gini aja deh. nggak usahlah ditanggapi si mas yang satu ini. soalnya
>apa-apa yang dianggapnya "sesuatu yang bisa meruntuhkan atau menyerang
>indonesia" maka ia adalah musuhnya. si mas bisa jadi membabi buta kalo udah
>menghujat mereka.

Ya terserah deh.

>so, please brothers and sisters don't take it seriously. lah dia juga suka
>nyerang agamanya sendiri kok, apalagi agama orang, heheheee... :)

Nah, ini yang sangat keliru. Kalau saya suka menohok individu pemeluk suatu
agama tertentu, biasanya didasari oleh klaim dia atau klaim orang lain bahwa
dia orang saleh...blah-blah... (sama dg anda yg menyebut Gus Dur orang
suci). Saya mau tunjukkan, nah, tuh, klaim yg dipakai untuk memperkuat
posisi si tokoh itu nggak benar.

>ps.
>liat aja gimana dia nanti mengutuk saya habis habisan. kalo dia bisa,
>mungkin saya akan ditelannya hidup-hidup. ihhh, ngeri...!

Mau dikata mengutuk atau tidak, silakan dipelajari kembali apa itu orang
suci deh.