On Fri, Sep 17, 2004 at 03:11:13PM +0700, Asfihani wrote:

> [...]

Pak Asfik, pertanyaan saya adalah bisakah pengaturan ini dibuat dg
postfixadmin ? Kalau tanpa postfixadmin sebenarnya sudah bisa kok.

> Komplek juga ya, tapi bisa nggak kira-kira dicoba dengan menggunakan
> regex,
>
> virtual_maps =
>    hash:/etc/postfix/virtual
>    regexp:/etc/postfix/virtual.re
>
> transport_maps =
>    hash:/etc/postfix/transport
>
> /etc/postfix/virtual (isinya account-account local)
>
> /etc/postfix/virtual.re
> /^(.*)[EMAIL PROTECTED]/   [EMAIL PROTECTED]

Lho, kan tidak ada sub domain bws.mega-plasma.co.id ?

> /etc/postfix/transport
>  megaplasma.com          local:
> .megaplasma.com         local:
> bws.mega-plasma.co.id smtp:[ip.mx.utk.bws.mega-plasma.co.id]

Yang sudah jalan sejauh ini :

/etc/postfix/main.cf
  myhostname = server.megaplasma.com
  myrealdomain = megaplasma.com
  mydomain = megaplasma.com
  myorigin = $myrealdomain
  mydestination = $myhostname, localhost.$mydomain, localhost, $mydomain
  ... <deleted> ...
  defer_transports = smtp
  disable_dns_lookups = yes
  smtp_sasl_auth_enable = yes
  smtp_sasl_password_maps = hash:/etc/postfix/sasl_password
  virtual_maps = hash:/etc/postfix/virtual

/etc/postfix/virtual
  [EMAIL PROTECTED]     user1-jbr
  [EMAIL PROTECTED]     user2-jbr
  ..dst..

/etc/postfix/transport
  megaplasma.com        local:
  .megaplasma.com       local:
  *                     smtp:[smtp.mega-plasma.net]

Jadi user1-jbr dan user2-jbr adalah user lokal, jika saya kirim email
ke [EMAIL PROTECTED] maka postfix akan melemparkannya ke relay
smtp.mega-plasma.net.

Lebih jelasnya begini Pak Asfik,

FQDN Server : server.megaplasma.com
Domain virtual yg ingin dihandle postfix: mega-plasma.co.id

Kondisi Sekarang
----------------

1. Domain mega-plasma.co.id adalah domain virtual yg dicreate di
   /etc/postfix/virtual.
2. User-user adalah user sistem (/etc/passwd), selain mereka bisa
   terima email untuk domain megaplasma.com mereka bisa terima email
   untuk domain mega-plasma.co.id.
3. Administrasi mailbox untuk domain virtual ini cukup susah karena
   jika tiap cabang diberi linux box maka harus ada user yg setidaknya
   ngerti gimana buat account user (useradd) kemudian mengisikannya
   di /etc/postfix/virtual, reload postfix, dsb. Padahal dengan
   postfixadmin, administrasi email cukup mudah dilakukan via web.

Kondisi Yang Diinginkan
-----------------------

1. Domain mega-plasma.co.id adalah domain virtual yg dicreate oleh
   aplikasi phpmyadmin (web).
2. User-user mailbox mega-plasma.co.id adalah user virtual yg dicreate
   oleh [EMAIL PROTECTED] via phpmyadmin.
3. Administrasi mailbox untuk domain virtual ini cukup mudah karena
   user admin hanya perlu tahu login ke phpmyadmin tanpa perlu tahu
   account linux box (kecuali linuxnya crash hehe :-).

Problem Yang Dialami
--------------------

1.  Instalasi phpmyadmin dan creating virtual domain mega-plasma.co.id
    berjalan baik. Masalahnya adalah jika ada email untuk [EMAIL PROTECTED]
    plasma.co.id yg tidak ada di virtual_mailbox_maps maka akan dibounce
    atau direject oleh postfix, padahal maunya saya - ini mengingkari
    kodrat postfix lho - adalah diteruskan ke mail relayer.

Ada pencerahan teman-teman untuk administrasi email pakai phpmyadmin ?
Mungkin ada variable yg perlu diset di main.cf yg terlewat oleh saya ?

> Ini akan lain ceritanya jika mega-plasma.co.id adalah lokal, masalah
> ini akan bisa diselesaikan dengan luser_relay...

Baca-baca lagi dokumentasi postfix. Maklum saya belum khatam bacanya.
Lanjut atau ulang baca jika ada masalah, hahaha ...

> Rgds,
> Asfihani

Salam

-- yudi