Mas Duken,

coba tambahin option berikut pada configure maildrop
--enable-maildropmysql --with-mysqlconfig=/usr/local/courier/etc/maildropmysql.config

Option ini juga sudah saya coba sebelumnya, dan hasilnya juga gagal.
Pada sistem yang pernah saya install menggunakan versi courier-imap 3.0.8 dan maildrop 1.7.0 memang menggunakan option ini, tetapi sepertinya di versi yang baru ini sudah tidak ada lagi.
Hanya saja, cara kerja penggantinya bagaimana saya masih tidak mengerti; bagaimana caranya maildrop terkoneksi ke authlib + mysql.

$ maildrop -v ( buat ngecek yg di support oleh maildrop) seperti yg sudah anda lakukan sebelumnya.

terus untuk menguji juga maildrop sudah bekerja dengan baik coba ketik

$ maildrop -V 9 -d [EMAIL PROTECTED] #hanya contoh, user disesuaikan
hrsnya kalo maildropmysql.confignya sudah bener output dr command diatas kira kira seperti dibawah:

maildrop: Changing to /home/vmail/domain.tld/user/

Keluaran command "maildrop -V 9 -d [EMAIL PROTECTED]":

Invalid user specified.

sepertinya karena memang autentikasi via courier-authlib ke mysql masih gagal.

Terima kasih...

Salam,
Laurent W.