On Wed, May 25, 2005 at 06:23:29AM -0700, polutan wrote:
> Bagaimanakah nanti dengan Hostname dari Mail Server itu ? maksudnya
> di settingan main.cf di parameter myhostname dan mydomain

Kalo saya, saya samakan dg kalo diakses dr luar biar nggak pusing.
Kalo nggak kan bisa pake rewriting mestinya(?).

> itu kan harus pakai IP Public supaya dikenal di
> Jaringan Luar ? CMIIW :)

Postfix tidak perlu diberitahu* soal dia pake IP private atau public,
selama NAT nya bekerja dengan baik. Cukup pake nama aja in general,
biar DNS yang bekerja.

*) pengecualian untuk parameter $proxy_interfaces, terutama kalo jadi
backup MX.

Ronny