Hal itu bisa diatasi dengan menggunakan DMZ.

Jadi mail server tetap pake ip_privet, terus di gateway harus di MASQ
ip si mail server dengan menggunakan SNAT, terus apabila orang kirim
dari luar kemudian ingin sampe ke mail server disisi gateway harus di
setting DNAT. Semoga informasi ini cukup membantu

Salam

BI