Hello postfix-users,

  Di kantor saya ada beberapa domain yang MXnya ada di dedicated
  server (AS) untuk menghemat sedikit bw, semua client yang memakai
  smtp di dedicated saya belokkan ke mail server di kantor saya yang
  memiliki FQDN, nah.. saya menemui 1 masalah, dari mail server yang
  ada dikantor tidak bisa mengirim email (relay) ke salah satu domain,
  dengan pesan error:
  said: 451 Could not complete sender verify callout (in reply to RCPT TO
command))

  Yang saya tanyakan gimana caranya membuat rule di transport (atau
  pakai apa ya) agar postfix saya merelay email ke domain tertentu ke
  mail server yang di dedicated, jadi kalau ada email dengan tujuan
  aa.com maka si postfix akan mengirim ke dedicated server dulu,
  kemudian si dedicated yang mengirim ke aa.com

  Thanks

Nyoman.