On Tue, Nov 29, 2005 at 04:56:55PM +0800, Nyoman D wrote:
> Hello postfix-users,
>
>   Di kantor saya ada beberapa domain yang MXnya ada di dedicated
>   server (AS) untuk menghemat sedikit bw, semua client yang memakai
>   smtp di dedicated saya belokkan ke mail server di kantor saya yang
>   memiliki FQDN, nah.. saya menemui 1 masalah, dari mail server yang
>   ada dikantor tidak bisa mengirim email (relay) ke salah satu domain,
>   dengan pesan error:
>   said: 451 Could not complete sender verify callout (in reply to RCPT TO
> command))
>
>   Yang saya tanyakan gimana caranya membuat rule di transport (atau
> [...]

Dulu saya pernah menanyakan masalah yg sama seperti anda dan di jawab
oleh suhu postfix (Pak Adi atau Pak Asfik kalau ndak salah). Gunakan
rule seperti ini di /etc/postfix/transport

  .namadomain.local     local:
  .nama.domain          smtp:[nama.smtp.relayer]

nama.smtp.relayer bisa juga pakai ip address

Sebagaimana keterangan di main.cf postfix:

# The relayhost parameter specifies the default host to send mail to
# when no entry is matched in the optional transport(5) table. When
# no relayhost is given, mail is routed directly to the destination.
#

Contoh isi file transport punya saya seperti ini:

megaplasma.com          local:
.megaplasma.com         local:

Kemudian jalankan postmap dan reload postfix.

Semoga berhasil.

~yudi