2009/6/23 Arie Reynaldi Z <reym...@gmail.com>

> Mungkin juga, tapi salah di bagian mananya ya, kenapa dari luar email2
> gak ada masalah masuk ke dalam ? :(

mungkin link ini bisa membantu mas
http://www.howtoforge.com/forums/archive/index.php/t-4788.html

sepertinya postifx bermasalah dengan SMTPS *AFAIK SMTPS emang nggak di support*
tetapi itu bsia di solve dengan running TLS untuk SMTPD di port 587[1][2]

[1] http://www.debian-administration.org/articles/604
[2] http://www.howtoforge.com/forums/archive/index.php/t-4788.html

apakah ini juga terjadi pada client yang mengirim email ke yahoo
dengan menggunakan MUA Thunderbird atau client yang menggunakan
webmail juga demikian?

*asumsi saya client melakukan akses SMTPD dari luar menggunakan MUA,
bukan webmail*