> mungkin link ini bisa membantu mas
> http://www.howtoforge.com/forums/archive/index.php/t-4788.html
>
> sepertinya postifx bermasalah dengan SMTPS *AFAIK SMTPS emang nggak di
> support*
> tetapi itu bsia di solve dengan running TLS untuk SMTPD di port 587[1][2]

Mmm.. memang saat ini saya bikin smtp2 (gak pake smtp-auth) dan
email2nya lebih banyak yang terkirim ke domain sendiri, tapi tetap ada
yang deffered walo jumlahnya lebih kecil. Nanti saya cek lagi, moga2
memang masalahnya disitu.. :D

> [1] http://www.debian-administration.org/articles/604
> [2] http://www.howtoforge.com/forums/archive/index.php/t-4788.html
>
> apakah ini juga terjadi pada client yang mengirim email ke yahoo
> dengan menggunakan MUA Thunderbird atau client yang menggunakan
> webmail juga demikian?

Iya, rata2 MUA pake MS Outlook, untuk webmail smtp yang digunakan juga
smtp1 (yang pake smtp-auth) tapi saya masukan ke my_networks jadi dia
bisa kirim lewat sana. (webmail ada di MX nya), gak pake smtp di MX
karena sent lewat smtp di mx suka lama terkirimnya. (karena loadnya
cukup besar, spam, virus, etc).