Mungkin ini tidak akan terjadi *lol, karena betapa buruknya layanan di
telkom semua orang juga tau, contoh nyatanya adalah ketika saya komplain
mengenai koneksi FO yang bermasalah saya selalu mendapat pertanyaan yang
sama setiap 3-4 jam dari beberapa orang yang berbeda (macam mana
koordinasi mereka?). Hal ini juga terjadi untuk permasalahannya lainnya.

Memang ribet berurusan dengan reputasi IP, tapi klo yang di blacklist
tidak banyak dan ip static masih relatif mudah mengembalikan reputasinya
:), saya biasanya menggunakan mxtoolbox.com untuk memeriksanya.

CMIIW

-
--
Best regards,