Dalam panggung diskusi yang penting adalah menanggapi tanggapan atau
pendapat orang, bukan mengkomentari pribadi yang berdiskusi!

Dengan mengatakan "ingat keponakan 4 tahun", kamu tidak saja menghina
sipemberi pendapat, namun kamu tak menanggapi apa yang dikatakan,
padahal inilah yang menjadi inti tukar wacana. Kalau kau tak suka
pendapat seseorang, well, katakan, dimana argumentasimu dapat
memperkaya khazanah diskusi.

Anda komentari pendapat yang berbunyi

"MEMANG TERORIS ITU JAHANAM!!!!!!!!!!!!!!!" dengan mengejek mengenai
anak 4 tahun.

Bukan cara oreang dewasa pula, mengkomentari sambil pinjam kehadiran
anak 4 tahun! kalau kau merasa dewasa.

Tak perlu Japri2an!  Kau lontarkan pendapat ditempat umum ya kita
kaji ditempat umum. Klarifikasi" Untuk apa? Secara private tak ada
urusan.

RM D Hadinoto

--- In [EMAIL PROTECTED], "Leni Harahap" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   Oh..... begicuuuuu......  Kalo gitu yang pantes brapa
taon ? ;o))  Tetap
> anak kecil khan ? :o))
>
>   Maaf yach kalau tidak berkenan, saya takut memenuhi inbox netters
yang
> lain... Kalau ada yang ingin diklarifikasi sebaiknya via JAPRI
aja... Akan
> saya jawab selengkap yang saya mampu...

[EMAIL PROTECTED]

http://us.click.yahoo.com/L5YrjA/eSIIAA/yQLSAA/BRUplB/TM