Wah, salut saya.  Kakak Leni ini jurusan komunikasi,
ya.  Tulisan Anda layak menjadi panduan bagi siapa
saja yang berkomunikasi, presiden kita mendatang atau
diplomat misalnya.

Seperti Anda katakan, dia harus menguasai bahasa
budaya dan pemikiran.  Seorang diplomat yang
ditempatkan di Perancis akan lebih ampuh melakukan
diplomasi Indonesia disana, kalau dia paling tidak
tahu mengenai Balzac, Franz Kafka dan Descartes.
Karena orang yang tidak punya apresiasi pada budaya
dan pemikiran, dipandang bukan equal di Perancis.

Dia juga harus paham bahasa diplomasi politik.  Tanpa
menyadari bahwa sekarang ini orang tidak bisa dikibuli
dengan kata-kata tanpa fakta, dia akan dianggap corong
pemerintah semata dan diacuhkan saja oleh orang.

Bahasa ekonomi juga penting oleh capres atau diplomat.
 Bukankah ekonomi mendasari polah laku negara atau
individu?  Dus, bicara politik melulu adalah kering
tanpa disertai wacana ekonomi.

Bahasa militer juga idem ditto, imperatif untuk
dikuasai oleh capres atau diplomat.  Menyamakan rudal
yang dibeli AU Australia dengan WMD adalah kesalahan
fatal, dan bakal menjadikan kita jadi bahan ketawa.

Saya mau tambahkan satu, Leni, yaitu bahasa science
dan teknologi.  Jaman sekarang, kita dianggap kuper
(kurang pergaulan) kalau kita belum pernah mendengat
hal yang bersangkutan dengan sofware, bioteknologi dan
nanoteknologi.  Untuk tahu semuanya, kita tidak perlu
harus lulusan ITB dulu seperti Pak Anton John Hartomo
di milis ini.

Bravo, Leni.

Salam,
RM