Ya, memang, itulah kenapa POLIGAMI tidak dianjurkan tapi hanya diperbolehkan, dengan
syarat-syarat ketat, kalau yang berpoligami itu benar-benar ingin berpoligami dengan
mencontoh Nabi, haruslah dimulai dengan janda-janda yang beranak atau kawin demi
perdamaian.

rm_danardono <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

You are abslutely right, Sir.

Mungkin nabi melakukannya ini sesuai dengan sikon kala itu, ribuan
tahun yang silam, dalam kebijaksanaan dan kearifan.

Namun, yang kita alami dilapangan sudah sangat lain. Banyak sekali
yang menikahi empat wanita, tetapi tiap beberapa tahun, ada isteri
yang dicerai. Jadi dalam istilah botanik, dihijaukan, re-greening.
yang diceraikan ditinggalkan begitu saja "dipinggir jalan".

Disini masalahnya, bukan maun mencemoohkan peraturan agama (lain)
atau tidak, namun dalam membangun bangsa yang modern dan civil
society, kita menjurus kearah tatanan keluarga yang teratur rapi.

Di Europa, untuk admninistrasi kewargaan, hanya diakui satu isteri
dan satu suami, misalnya dalam Kartu Keluarga, laporan kependudukan,
ID (semacam KTP) dsb. Juga assuransi sosial hanya mengakui satu
isteri dan anak2 dari isteri. Itupun mereka sudah megap megap
membiayainya, bayangkan kalau assuransi sosial (Social insurance)
harus juga mencakup isteri2 lain! Jadi kalau pak Hamzah Haz bertugas
di Europa (jadi dubes misalnya), maka pemerintah disisni hanya akan
mendapat SATU ID untuk isteri.

Kaum wanita di negara2 berkembang, juga Indonesia, tak perduli agama
apa, harus juga mulai bergerak dalam perbaikan nasib wanita. Juga di
Europa, gerakan wanita tak henti2 berjuang. Swiss, misalnya, baru
saja mengizinkan wanita memilih.

Salam

RM D Hadinoto

--- In [EMAIL PROTECTED], NBachter -
wrote:

> Mas Rahmat,
>
> yg kita bicarakan disini itu Poligami VS Kesetiaan........kalo ada
cowok kawin ama 7 cewek ato 4 cewekpun itu sama nilainya dng cowok yg
punya simpenan(penilaian ini didasarkan oleh kesetiaan bukan
kereelaan)...........whatever nikah itu cuman satu.......karena cinta
adalah kesetiaan.

> Saya bicara ini mungkin terkesan anti poligami.....itu tidak benar,
kalo konsep Poligami sesuai dng yg diajarkan Nabi........yaitu utk
melindungi wanita yg tidak mampu dlm segala hal...........saya masih
setuju. Tapi saat ini yg terjadi kan lain........gitu lho he he

> NB
>

> RG Nur Rahmat wrote:
> Lebih sakit mana jika si bapak simpan isteri muda atau punya anak
diluar nikah? Atau malah si bapak lari dengan perempuan yg lebih muda?

*****
> Berdikusi dg Santun & Elegan, dg Semangat Persahabatan. Menuju
Indonesia yg Lebih Baik, in Commonality & Shared Destiny.
www.ppiindia.shyper.com

*****

____

*****
> [...]
____
> Mohon Perhatian:
>
> 1. Harap tdk. memposting/reply yg menyinggung SARA (kecuali sbg

Service.

Baik, in Commonality & Shared Destiny. www.ppiindia.shyper.com

http://us.click.yahoo.com/L5YrjA/eSIIAA/yQLSAA/BRUplB/TM

Baik, in Commonality & Shared Destiny. www.ppiindia.shyper.com