Benar Pak Danardono. Dan lagi-lagi yang dipertentangkan nguplek-uplek di
Kristen vs Islam, Islam vs Kristen. Tetapi, manifestasinya (dari sononya,
van huis uit!!!) sebuah sekolah milik yayasan Katolik diblokir raqme-rame
oleh orang-orang beragama Islam. Apologia saya ya, tidak semua yang Islam.
Anyway, ini penyakit yangt mengganggu.

Masalahnya kok Islam - Kristen, Kristen - Islam melulu yang jadi pokok
perdebatan. Sama misalnya dengan ucapan pembuka pidato, "Assalamu'alaikum
warokhmatullahi wa barakaatuh; Salam sejahtera untuk semuanya". Padahal
agama-agama lainnya juga ada di Indonesia ini, Hinduisme, Buddhisme,
Konghucu, belum lagi aliran-aliran kepercayaan. Belum lagi agama-agama lokal
yang juga punya andil menyumbang bagi keIndonesian dan kemanusiaan.

Orang muda kita selalu diajari melihat keunggulan agama (faiths) kalau
agama-agama itu mempunyai wilayah sebaran geografis seluas-luasnya. Orang
diajari menutup sebelah mata melihat agama-agama lokal. Yang lokal itu
diajarkan sebagai kurang bergengsi, kurang berbobot.

Saya melihat umat Islam tertentu, tidak semuanya, menganggap teologinya
paling sempurna. Padahal agama-agama itu hadir ibarat hadirnya tukang
reparasi AC, penjual sayuran, toko roti, bengkel mobil, penjahit, tukang
cukur, dsb. Masing-masing  saling membutuhkan karena seorang penjahit tidak
bisa mengatasi AC di rumah yang rewel. Masing-masing punya keunggulan dan
kekhasan masing-masing, tetapi juga inheren kelemahan masing-masing. Kalau
misalnya RRC nantinya menjadi negara adidaya geopolitik dan ekonomi, pasti
warisan mindset Taoisme ikut menyumbang ketimbang Islam dan Kristen,
sebagaimana Buddhisme membentuk mindset Thailand.

Suku Baduy di Banten mungkin bagi kita pemeluk agama (NB. kita pasti merasa
lebih superior), mereka itu kita anggap primitip dan kuno. Tetapi mereka
juga punya local wisdom yang tidak perlu kita uraikan di sini, meski kita
tidak seperti mereka karena kita beragama. Mereka jauh lebih baik
pemahamannya soal kelestarian lingkungan.

Lha kepriye alias bagaimana, mereka tidak sembarangan menebang pohon karena
takut kuwalat dari para sing mbau reksa (para mahluk halus penjaga hutan).
Kita biasa diajari pongah, "Ah, mbelgedhes nonsense bullshit dengan
hantu-hantu. Hantu-hantu paling jahat sangat takut sama kita karena kita
orang-orang beragama. Mana buktinya kita kuwalat. Saya kemarin menebang
beringin kok nggak kuwalat, masih sehat segar bugar". Tetapi, kemudian
sekian tahun  ke depan sumur-sumur di kampung itu kering ketika musim
kemarau!!!!

Kapan mereka di luar Islam dan Kristen kita perbincangkan. Ibarat
perbincangan di Apakabar perihal tema Islam - Kristen sudah pasaran. Sekedar
contoh, banyak doktor kita dengan study mayor militer, misalnya Salim Said,
MT Arifin, Kusnanto Anggoro, dsb. Yang dengan studi mayor Islam misalnya Din
Samsudin, Amien Rais, Azyumardi Azra, dslb. Segudang besar!!!!!!
Bidang-bidang studi ini makin lama makin jenuh (Belandanya sudah sampai
verzadigingssituatie). Kapan bicara soal orang Baduy, Tengger. Atau Bali,
misalnya yang terkenal ke manca negara lebih dari Indonesia sendiri. Ini ada
apanya. Saya memang pengagum berat Bali lho, hehehehe. Sekali lagi
permasalahan awalnya dan itu dilestarikan sejak awal Orde Baru adalah wacana
Islam vis-a-vis Kristen. Kok itu-itu melulu. Ibaratnya kenapa kita makan
pakai lauk pepes ikan terus, tentu bosan. Ya, kan Pak??

Salam,
Kaboel