Setelah lama gregetan dengan perdebatan yang tidak berguna ini, saya
akhirnya merasa harus memberikan pendapat.

Apabila anda menempatkan agama sebagai partai politik, begitulah jalan
pikiran anda, serba curiga dan semuanya ditakar dengan ukuran 'take and
give'. Sungguh menyedihkan apabila agama akhirnya direduksi 'hanya' sebagai
bagian dari perkubuan, bagian dari dikotomi, kami dan bukan kami.

Saya pribadi tidak menyukai lembaga yang namanya agama, karena agama apapun
cenderung untuk terjebak dalam dikotomi pemeluk dan bukan pemeluk. Bahkan
yang pasti saya tahu, Yesus tidak pernah mendirikan agama dan tidak pernah
menyebut kosa kata 'kristen' atau 'nasrani' atau kosa kata apapun yang
sering dipahami sebagai 'al kafirun'. Agama terlalu mudah untuk direduksi
dan dipolitisir menjadi sekelas partai politik atau ormas yang ujung2nya
adalah kekuasaan dan materi.

Mengapa kita khawatir seseorang meninggalkan agama yang kita anut dan
berubah pikiran untuk memeluk agama lain? Karena kita khawatir bahwa dia
akan berbeda pendapat dengan kita, khawatir bahwa dukungan massa kepada
agama kita akan berkurang, dengan sendirinya semakin berkurang peluang kita
untuk eksis di muka bumi ini. Kekhawatiran yang berlebihan dan tidak perlu,
terutama buat orang yang sudah mengaku dirinya well educated.

Nah, apabila pelayanan yang dilakukan oleh lembaga keagamaan tertentu
dicurigai sebagai 'udang di balik batu' dan oleh karenanya harus
dihentikan, maka usaha kita untuk membuat dunia yang lebih baik akan gagal
total, bahkan kita akan membuat dunia lebih buruk. Menurut pendapat saya,
kita harus berlomba2 memberikan pelayanan kepada masyarakat, bukannya
menghalangi orang (yang kebetulan berbeda agama) berbuat baik. Jika saudara
khawatir klinik yang didirikan di bawah gereja berpotensi 'memprovokasi'
umat lain untuk menjadi umat kristen, usaha terbaik adalah melakukan aksi
pelayanan yang jauh lebih baik.

Kesalahpahaman yang sering terjadi adalah, banyak sekali orang menyangka
Yesus Kristus-lah yang mendirikan agama Kristen dan turunannya. Apabila
saudara punya waktu untuk membaca Alkitab (sebagai literatur), saudara akan
mengerti bahwa Yesus Kristus tidak punya umat di dunia ini karena dia tidak
pernah mendirikan agama tertentu. Yesus datang untuk semua orang yang mau
menerima maupun menolak Dia.

Apabila ada lembaga keagamaan tertentu memberikan pelayanan, janganlah
keburu curiga walaupun secara hitung2an bisnis, aktivitas itu tidak masuk
akal. Mereka mungkin hanya mau berusaha meniru apa yang dilakukan oleh
seorang Orang Bijak yang hidup kira2 2000 tahun yang lalu dengan ajarannya
hanya dua kalimat: Hukum pertama dan yang terutama adalah Kasihilah Tuhan
Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap akal budimu.
Hukum kedua yang sama dengan itu adalah Kasihilan sesamamu manusia seperti
kamu mengasihi dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung hukum
taurat dan kitab para nabi.

Perhatikanlah ajaran ini, sangat sederhana dan tidak ada udang di balik
batu. Tetapi ada KASIH di balik batu. Siapakah yang tahu ke-iman-an kita
kecuali kita sendiri dan Sang Pemilik. Janganlah mencoba menyederhanakan
'keimanan' menjadi sekedar angka statistik : Berapa banyak pemeluk agama
tertentu?

Salam,

Rudi
Seorang pengikut kristus yang tidak senang dengan kolom 'AGAMA' di KTP atau
identitas lain. Tidak menjadi senang apabila ada umat agama lain memeluk
Nasrani dan tidak pula sedih apabila pemeluk Nasrani beralih menjadi
pemeluk agama lain.
On Wed, 24 Nov 2004 12:37:34 +0800 (CST), defa defa <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Itu benar...
> Bukan hanya melayani masyarakat, tetapi juga kamuflase untuk mengelabui
> masyarakat karena setelah mereka dilayani kemudian mereka disodori surat
> persetujuan untuk mendirikan gereja atau tempat ibadah yang megah.
> Berhubung masyarakat sudah berhutang budi, mereka tidak sanggup melawan
> hati nuraninya yang menolak karena dilingkungan tersebut mayoritasnya
> adalah Muslim.
> Inilah fakta yang terjadi.
> Sebaiknya kalau kita menolong itu jangan ada udang dibalik batu atau ada
> pamrih untuk menginginkan sesuatu.
> [...]

Rudi Simanoengkalit

$0 Web Hosting with up to 120MB web space, 1000 MB Transfer
10 Personalized POP and Web E-mail Accounts, and much more.
Signup at www.doteasy.com

http://us.click.yahoo.com/L5YrjA/eSIIAA/yQLSAA/BRUplB/TM