"marthajan04"

                    <[EMAIL PROTECTED]       To:     ppiindia@yahoogroups.com

                    ahoo.com>            cc:

                                         Subject:     [ppiindia] Re: Pemerintah
Harus
                    01/20/2005            Kembalikan Anak Aceh yang Dibawa Lari
ke AS
                    11:54 AM

                    Please respond

                    to ppiindia

Ini persoalan serius. Anak2 yatim-piatu butuh perlindungan, butuh ada
yang ngurus. Ini terjadi di Indonesia, di ujung pulau Sumatra. Lebih
dekat dengan Jakarta daripada Washington. Lebih dulu diketahui oleh
Jakarta daripada Washington.
Lalu yang jadi pertanyaan : Kenapa keduluan oleh orang2 dari
Washington yang jauh itu?
Setelah sebelumnya enggak ada yang peduli, sekarang seperti kebakaran
jenggot.
==> Masa sih, se-indonesia ngga ada yg peduli ? mungkin perlu di ralat
kembali kalimat anda marthajan04 " setelah sebelumnya ngga ada yg peduli ",
karena yg saya tau, pemerintah dan masyarat indonesia begitu peduli, mau
bukti ? lihat saja di televisi, atau datang langsung. Betapa banyak
masyarakat berlomba2 menyisihkan harta dan tenaga mereka, baik perorangan
maupun kelompok.
Mari kita hargai juga usaha Pemerintah dan para relawan lokal. Harus kita
maklumi kondisi lapangan yg luar biasa sulit dgn peralatan yg kurang
memadai.
Kita keduluan org2 washington itu ? saya rasa tidak. Begitu terjadi
bencana, pemerintah dan masyarakat segera ambil tindakan, namun tentu saja
pemerintah bertindak dgn koordinasi yg matang dgn segala keterbatasan
fasilitas yg dimiliki, agar tetap sasaran. Kan kita semua tau, bahwa
pemerintah daerah aceh, TNI, dan Polri aceh juga menjadi korban, akses
menuju kesana juga sulit, jd saat itu belum optimal betul.
Pemerintah dan relawan belum memfokuskan diri thd pengurusan anak yatim,
karena mereka lebih fokus thd penyelamatan para korban yg selamat untuk
diungsikan dan evakuasi mayat.
Baru nanti didata dipengungsian, untuk kemudian di pertemukan ke kerabat yg
selamat atau kerabat yg ada diluar aceh. Apa anda lihat kalau anak2 yatim
itu ditelantarkan di pengungsian? toh seandainya kebutuhan mereka belum
terpenuhi sepenuhnya, itu semata2 karena terbatasnya tenaga dan fasilitas,
tp hal itu tdk akan lama, dan kesemuanya butuh waktu dan perencanaan.
Jika memang ada anak yg tdk memiliki kerabat sama sekali, maka pemerintah
sendiri yg akan mengasuhnya. Dan jika ada yg ingin mengadopsinya, ada
aturannya, dan tdk sembarang org bisa punya hak asuh. Asal usul dan ekonomi
keluarga yg menampungnya jg harus diperhatikan, jgn sampai kebutuhan anak
tsb tdk tercukupi scr layak, dan menjadi beban buat pengadopsi.
Beda dgn misi worldhelp, mereka cepat tanggap karena mereka datang dgn misi
khusus, yaitu ingin mengambil anak itu.
Apa anda mau, ketika anda tertimpa musibah, lalu ada org asing yg datang
dan mengambil anak itu begitu saja ? kalau saya pribadi, saya akan berkata
" memangnya kami ngga sanggup urus anak kami sendiri, jgn memancing di air
keruh deh. Kalau mau bantu, silakan, kami terima dgn sukacita. Tp kalau ada
motiv lain, nanti dulu." <==

Pikir dulu dalam2, hilangkan prejudice, dan pikirkan hanya
untuk keuntungan anak2 itu saja, jangan untuk gengsi kalian.
==> Worldhelp punya misi khusus, dan worldhelp sudah punya rencana
pengambilan anak2 tsb. Berbeda dgn relawan asing lainnya yg sengaja datang
murni untuk membantu. Apa akan dibiarkan begitu saja?<==

Lalu setelah kalian berhasil mengambil kembali mereka, yakinkah kalian
bisa mengurus mereka dengan baik?
==> Apa anda juga yakin kalau worldhelp bisa mengurus anak2 itu dgn baik ?
Saya yakin anak2 lebih memilih tinggal di negaranya, bersama kerabatnya dan
lingkungan yg tdk asing bagi mereka, meski hidup sederhana.<==
==> salam, Rahman <==

--- In ppiindia@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> Mas Abie Zahra,
> Lalu hubungan kasus Worldhelp sama Abu bakar Ba'asyir apa ya ?
> Kalau seandainya pemerintah memang menuduh Abu Bakar Ba'asyir
teroris
> karena desakan asing, lalu apa berarti pemerintah juga asal tuduh
soal
> Worldhelp ?.
> Setidaknya tindakan pemerintah saat ini membuktikan bahwa
pemerintah memang
> serius menangani masalah aceh, jgn sampai kita menunggu kejadian
itu benar2
> terjadi, baru ambil tindakan, karena hasilnya akan tidak maksimal.
> Meskipun anak tsb masih ada di medan atau jakarta, dan bukan berada
diluar
> indonesia, tp kalau di tampung oleh Worldhelp / lembaga lokal
indonesia yg
> dipercayakan oleh worldhelp, apa itu tdk sama berbahayanya ?.
Bukankah tdk
> mungkin anak2 tsb akan dipindahkan oleh Worldhelp setelah
keadaan 'aman'.
> Makanya pemerintah dan lembaga2 yg peduli dgn masalah aceh ini cepat
> bereaksi,. Lebih baik mencegah ketika mendapat informasi, daripada
> 'kecolongan' baru bereaksi.
> Jd kita jg jgn salahkan mereka ( pemerintah RI dan lembaga2
masyarakat )
> karena bertindak cepat.
>
> salam,
> Rahman
>

>                     abie
zahra
ppiindia@yahoogroups.com
>                     oo.com>
cc:
>                                          Subject:     Re:
[ppiindia] Pemerintah Harus
>                     01/19/2005            Kembalikan Anak Aceh yang
Dibawa Lari ke AS
>                     07:49
AM
>                     Please
respond
ppiindia

> [EMAIL PROTECTED] wrote:
>
> Saya rasa pemerintah Indonesia tidak sembarangan menuduh.
>

> Waduuuhhhh.....mas kayak gak tau pemerintah kita aja, buktinya Abu
Bakar
> Ba'asyir.
>
> WordHelp memang berencana mengadopsi 300 anak Aceh, tapi anak tsb
belum
> keluar dari Indonesia, tapi masih ditampung di Medan. Kita harus
> menempatkan kasus secara proporsional.

Give underprivileged students the materials they need to learn.
http://us.click.yahoo.com/4F6XtA/_WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM