http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail&id=4711

Sabtu, 26 Mar 2005,

Sophan: Mega Harus Ditantang

JAKARTA - Kongres II PDIP (28 Maret-2 April) bakal ramai. Penantang Megawati
Soekarnoputri untuk merebut kursi ketua umum partai berlambang banteng moncong
putih itu semakin merapatkan barisan. Sophan Sophiaan, salah satu penantang
kuat Mega, menegaskan tak akan surut dari gelanggang pencalonan pucuk pimpinan
partai.

Hal itu diucapkan putra Manai Sophiaan tersebut kepada wartawan di kediaman
cendekiawan Nurcholish Madjid, di kawasan Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Kemarin
siang, Sophan memang membesuk Cak Nur -nama akrab Nurcholish Madjid. Dia datang
semobil dengan Arifin Panigoro yang juga deklarator gerakan pembaruan PDIP.

"Saya jalan terus. Tapi, saya tidak mau berpolitik seperti sekarang dengan
menggunakan janji, menggunakan uang, dan membujuk," katanya.

"Saya punya cita-cita memperbaiki PDIP karena kemauan. Memperbaiki PDIP sebagai
kesadaran," lanjut suami aktris Widyawati itu.

Dia menegaskan, dirinya maju menantang Megawati dan Guruh Soekarno Putra karena
diminta teman-temannya sesama kader PDIP. "Saya melihat PDIP ini stagnan. Tak
ada orang yang berani melangkahi Bu Mega. Kalau pegang asas demokratisasi,
setiap anggota itu kan punya hak untuk maju," sambungnya.

Karena itu, ketika ditanya apakah dirinya berani menantang Mega, dia menjawab
berani. Kalau ditanya motivasinya, dengan diplomatis dia menjawab, "Motivasi
saya, yakni untuk memotivasi teman-teman untuk berani maju."

Pendukung Anda siapa saja? Ditanya demikian, Sophan memilih menjawab panjang
lebar. Menurut dia, dalam PDIP itu, ada kepentingan formal dan informal. Nah,
dalam kaitan informal, lanjut Sophan, banyak orang yang ingin melakukan
pembaruan, banyak orang yang ingin supaya PDIP tidak dipimpin oleh orang-orang
yang seperti sekarang. Bagian inilah yang mendukungnya.

Saat ditanya soal posisi Mega yang masih kuat dan kelihatannya bakal menang
lagi, Sophan menerangkan bahwa soal itu merupakan tanggung jawab semua kader
PDIP. Apakah ingin PDIP didukung publik atau tidak. Sebab, di mata Sophan,
jangan harap ada perubahan kalau Mega kembali menjadi ketua umum.

Alasannya, belum apa-apa Mega tetap menghendaki hak prerogratif, Mega tetap
menghendaki formatur tunggal. "Ini kan pilihan jauh dari demokrasi. Ini semua
tanggung jawab semua kader PDIP."

Jika di kongres nanti status quo (Mega) menang, gerakan pembaruan PDIP
bagaimana? Apa mau bikin PDIP-P atau apa? "Seorang kader partai itu masuk
partai karena kesadaran. Kalau partai tersebut tidak bisa lagi menampung dan
menyalurkan aspirasi saya, saya akan keluar dari partai itu," jawabnya. "Dan
terus terang, sampai saat ini, aspirasi saya dengan PDIP sudah berbeda. Kita
lihat nanti setelah kongres," tambahnya.

Sementara itu, Arifin menyatakan pendapatnya secara singkat, "Saya akan dukung
Sophan. Selesai kan." (naz)

http://us.click.yahoo.com/O.5XsA/8WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM