Salam,

Well... well, saya kembali dulu ya ke pertanyaan awal lagi: "Apa yang
kurang dari bangsa sebesar Indonesia?" Bagi saya sangat banyak yang
kurang dari bangsa sebesar Indonesia ini. Ini wajar memang karena
Indonesi memang dibentuk untuk menjadi bangsa yang bodoh. Meskipun
tidak bodoh-bodoh kali lah, hehehe. Tapi kenyataan yang ada memang
memperlihatkan bahwa bangsa kita bangsa yang hanya siap untuk menjadi
budak. Bangsa Indonesia tidak memiliki otak-otak yang jenius seperti
Habibie. Menurut saya, hanya Habibie saja yang jenius, sayang seribu
sayang, ia juga tinggal di negeri orang.

Pembodohan manusia Indonesia ini memang dimulai sejak kita duduk
dibangku sekolah. Kita lihat, sejak SD kita disuapi dengan materi
pelajaran yang beragam, tapi materi tsb tak mampu menjadikan seseorg
untuk jenius. Materi pembodohan lebih banyak ketimbang materi yang
mampu mengantarkan kita untuk menjadi orang jenius. Sebagai
perbandingan, setelah ada PMP, ada pula IPS, setelah itu ada lagi PSPB.
Bukankah ketiga materi itu bisa digabungkan menjadi satu? Intinya
pelajaran itukan juga sama. Bagaimana dengan materi-materi yang
menggigit seperti Matematika? Sudahlah jumlah jamnya sedikit, guru yang
mengajarkan materi itu juga rada-rada galak, sehingga sisam juga mau
muntah ketika mengikuti materi Matematika ini.

Jelas memang bahwa dari sisi materi pendidikan kita, kita memang
dibentuk untuk menjadi tak jenius. Bahkan pembodohan ini berlanjut
sampai ke jenjang SMA. Tak heran memang, karena siswa merasa tak siap
untuk memasuki IPA, maka IPSlah yang menjadi alternatif lain. Padahal,
bagi saya IPS adalah jurusan Ilmu Paling Santai. Namanya saja sosial,
jelas santailah bawaannya. Karena terlena dengan kesantaiannya. Maka
output akhir dari pendidikan itu sendiri adalah pengangguran. Nah,
lebih santai lagi. Heran? Nggak usah, memang udah jurusannya demikian.

Bahkan sampai tingkat kuliah juga masih ada unsur pembodohannya. Seorg
yag mengambil jurusan Matematika, masih juga bertemu dengan PPKn.
Apakah PPKn yang dimakan sejak SD hingga SMU itu belum cukup? Disinilah
letak perlunya kita mereformasi pendidikan kita itu. Dulu ketika
pejabat dari Dinas Pendidikan Nasional datang ke India, saya udah
menyampaikan bahwa menurut ada yang nggak beres dengan materi
pendidikan kita dn itu harus segera dirombak. Eeee..., mereka malah
nganggap kalau saya ini tak berterima kasih kepada Indonesia. Ya udah,
lantak kaulah disitu. Makan tuh pelajaran-pelajaran yang tak berfaedah
itu.

India memang negara miskin. Karena memang antara jumlah penduduk dengan
jumlah tanah untuk menanam padi tak seimbang. Meski demikian, India
juga mampu menyumbang USD $ 2 juta untuk gempa Nias kemaren. Di samping
itu India juga mampu memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing yang
belajar di negaranya. Meski tak besar, tapi jelas, India memperlihatkan
kepeduliannya terhadap dunia pendidikan. berbicara ttg materi
pendidikan, ya sedikit tapi pasti, dan outputnya nanti adalah tenaga
ahli. Lihat aja tuh, India mengirimkan Tenaga Ahli di Malaysia, while
Indonesia mengirimkan TKI. Nasib... nasib..., malu menjadi seorang
Indonesia? Ya terus terang saya malu. Tapi meskipun malu, aku tetap
orang Indonesia. Masih betah dengan kurikulum pendidikan kita?
Terserahlah......

Wassalam,

IzaM -
New Delhi, India.

--- In ppiindia@yahoogroups.com, abu abdurrahman
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> bukannya begitu mas fajir, tapi mas giving kan ga bilang semuanya
penjilat. tp secara realita memang ada yang seperti itu. kalo guru mas
fajir seperti itu. aku sangat salut. aku angkat 2 jempol buat beliau.
jarang2 ada tp memang ada, karena guru saya dulu juga ada. jadi tidak
generalisasi.

> farid bajber <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Mungkin memang berbeda atau pasti berbeda. Sebab, saya masih ingat

'Thanks & Giving.'
http://us.click.yahoo.com/mGEjbB/5WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM