Rasanya saya tidak mengatakan "hadist nabi muncul berdasarkan sikon
SAJA" tapi, bagaimana kita seharusnya menafsirkan hadist2 yang harus
memperhitungkan sikon (teks dan konteks)., semacam asbabun nuzul
hadist kali ya?

Menafsirkan hadist tentang masa yad, jelas konteksnya tentang masa
yang akan datang (Semacam ramalan). Tidak berhubungan dengan sikon
nabi saat itu.

Tentang hadist pelarangan wanita menjadi pemimpin, kita simak
pendapat berikut:

"Akan muncul suatu kaum yang binasa dan tidak akan beruntung, karena
pemimpinnya adalah wanita dan pemimpin mereka masuk surga."

Hadits ini mungkar. Telah diriwayatkan oleh Abu Said bin al-Arabi
dalam kitab al-Mu'jam (I/77), dengan sanad dari ash-Shaghani, dari
Abu Naim, dari Abdul Jabbar bin al-Abbas, dari Atha' bin as-Saib,
dari Umar bin al-Hajanna', dari Abu Bakrah.

Menurut saya, ada beberapa kelemahan dalam riwayat ini disebabkan
adanya beberapa --bahkan hampir semua-- rijal sanadnya yang divonis
para ulama ahli hadits secara berbeda. Sebagian dari mereka ada yang
divonis majhul, seperti al-Hajanna'. Sebagian lain lagi divonis
sebagai pemalsu hadits. Sedangkan sebagian perawi sanad yang lain
divonis oleh muhadditsin sebagai perawi yang ditinggalkan
riwayatnya, atau ditolak. Wallahu a'lam.

Judul Asli: Silsilatul-Ahaadiits adh-Dhaifah wal Maudhu'ah wa
Atsaruhas-Sayyi' fil-Ummah
Judul: Silsilah Hadits Dha'if dan Maudhu'
Penulis: Muhammad Nashruddin al-Albani
Penterjemah: A.M. Basamalah, Penyunting: Drs. Imam Sahardjo HM.
Cetakan 1, Jakarta
Gema Insani Press, 1994
Jln. Kalibata Utara II No.84 Jakarta 12740
********************************

Lalu....kembali keawal persoalan, bagaimana kalau wanita menjadi
imam sholat, yang katanya Ari Condro, hadist2nya gharib. Itu yang
saya mau tau sekarang...

Mungkin saya harus meralat pendapat saya bahwa wanita menjadi
pemimpin negara berbeda dengan wanita menjadi imam sholat, karena
hadist2 yang dipakaipun beda...:-)

Belajar yuuuuk....

wassalam,

--- In ppiindia@yahoogroups.com, abu abdurrahman
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> 2. tentang tafsir hadist nabi. siapa yang bilang bahwa hadis nabi
muncul berdasarkan sikon saja??? bagaimana dengan hadist2 yang
menggambarkan akan masa datang??? misalkan tentang 2 orang yang
saling membunuh kemudian keduanya masuk surga. terus tentang akan
datang suatu masa dimana umatku akan menghalalkan musik, zina,
khamer dll............(pada suatu masa yang berarti tiu adalah
sebuah pemberitahuan terhadap sesuat ang belum terjadi) sikonnya
sebelah mana mbak?? krn ajarannya atau dalil2 (kalo kita mau cari
tahu, sekali lagi gw saranin cari lebih banyak kitab2 juga, semoga
gw juga lebih semangat ) itu ada yang menjelaskan masa lalu, saat
itu (lha ini yang sikon), trus ada juga yang masa depan, dan juga
ada yang untuk setiap masa. jadi sikon dan gak sikon itu gw pikir
dikotomi yang mengacaukan cara berpikir. serius deh :)

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM