Ya memang begitulah, mas mas. Seperti Anda katakan.

Perkembangan peradaban berjalan secara universal dan saling menjalar
dari wilayah satu kewilayah lain, sehingga sulit dikatakan, bangsa
anu menemukan ilmu anu.

Pada saat yang hampir sama, peradaban Firaun, Sumeria, Iran, Tiongkok
dan India. Yang PENTING, suatu perkembangan peradaban adalah hasil
karya suatu budaya bangsa, misalnya Mesir kuno, Maya, Tiongkok,
India, Iran dsb. BUKAN agama yang kebetulan dipeluk mayoritasnya.
Penemuan teekhnik pembuatan porselen ditemukan di Tiongkok, apakah
ini lalu ilmu Tao atau Konfucianisme?

Perkembangan dahyat Jepang kini, juga tidak kita namakan,
perkembangan ilmu Shinto. Kejayaan negara Shinto. Tidak kan? Atau
perkembangan Eropa dan USA adalah perkembangannegara negara
Kristiani? Tidak pula kan?.

Ini yang sering disalah pahami, dan timbul julukan masa perkembangan
ilmu pengetahuan islami. Kejayaan negara Islam.

Banyak theori ilmu pengetahuan modern ditemukan oleh orang Yahudi
penganut agama Yahudi di Israel, namun ilmu yang ditemukannya, adalah
ilmu fisika, kedokteran, biologi, ekonomi, dll, bukan ilmu Yahudi.
Tidak menandakan kejayaan negara Yahudi. Kejayaan USA bukanlah
kejayaan negara Kristen. Demikian juga Eropa. Jepang. Perkembangan IT
kini di India, bukanlah kejayaan negara Hindu.

Salam

danardono

--- In ppiindia@yahoogroups.com, Nugroho Dewanto <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> setuju bung bobby...
>
> kalau pake bahasa anak-anak muda dari partai rakyat demokratik
(prd),
> setiap nabi itu progresif revolusioner hehehe...
>
> mereka selalu membawa perubahan besar pada zamannya
> masing-masing...
>
> manusia biasa paling banter cuma jadi reformer/pembaru... itupun
> harus menanggung resiko dicap kufur, bid'ah, dan sejenisnya...
itulah
> nasib yang pernah menimpa martin luther, ahmad dahlan, dll...
>
> salam,

Hadis yg

Prof Dr
Muhammad