--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Lina Dahlan" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> LD: Memang didokumentasikan mbah. Tapi apa manusia itu membaca
> dokumentasi tsb? Andai mereka membacapun, apa terus mereka dapat
> pencerahan.

DH: Para penyelidik sejarah dan sejarawan pada umumnya, serta semua
yang tertarik pada sejarah dapat mengikuti perkembangan sejarah yang
tertulis dengan tepat dan lengkap, selama dokumentasinya lengkap
pula: Farao, Maya, Tiongkok, India, Sumeria, Assyria, Babylonia, dsb.
Pencerahan pasti bagi mereka yang melakukan penyeldikan secara benar
benar ilmiah, tak dicampur dengan dongeng, legenda ataupun mythologie.

----------------------------------

> LD:  menurutku, Tuhan itu ingin dikenal. Buat  apa dong Dia
menciptakan manusia dan alam? Iseng? Main dadu?
> Einstein aja bilang Tuhan itu tidak main dadu. Kalau Tuhan tak
perlu
> ingin, ngapain dong menjelma kedalam tubuh Yesus? Ada sesuatu yang
> Dia inginkan. Apa mbah mau mengatakan, itu bukan keinginan Tuhan
> masuk kedalam tubuh Yesus?? cuma gereja aja yang buat konsep spt
itu?

DH: Secara falsafah, sulit dapat kita cernakan "Tuhan ingin dikenal".
memangnya Madonna atau Penelopez Cruz atau Jennifer Lopes? Untuk apa
Dia menciptakan alam semesta tak ada yang dapat memahaminya. mengapa?
Karena ini terjadi jauh sebelum kita diciptakan, dan kekal, setelah
kita - mungkin - musnah. "keinginan untuk masuk ketubuh Yesus?", tak
ada yang bicara mengenai "keinginan" ini. kalau Dia menentukan
demikian, ya terjadilah.

LD: Soal KehendakNya, itu tinggal masalah waktu (masalah kapan) bukan
> masalah apa yang Dia inginkan.

DH: Apa yang dikehendakiNya, bilamana DSia menghendakiNya, dan apa
yang terjadi kemudian, adalah diluar jangkauan nalar kita. Tak
mungkin kita bahas atau andai andaikan.

> LD: Bukan ini yang saya maksudkan meski itu ungkapan yang benar.
> Sunatullah yang saya maksudkan adalah hukum alam. Gampangnya, Tuhan
> dah ngasih tau kalau kamu mau pinter, kamu harus belajar. Itu
> sunatullah. Kalau ada manusia melawan sunatullah dgn gak mau
> belajar, dia akan jadi bodoh. Sunatullah telah berlaku. Itu yang
> dimaksud dengan sunatullah dan kebebasan manusia memilih karena
> akalnya. Ini ajaran yang sangat universal dan sangat liberal yang
di
> bawa oleh Nabi SAW.

DH: Hukum alam sudah ada selama penciptaan ini ada. jauh sebelum nabi
Muhammad lahir, juga Yesus serta nabi nabi lain, Sidharta dalam
meditasinya telah mendapatkan pencerahan mengenai adanya hukum alam
(bukan diberitahu oleh malaikat, zin, ataupun mahluk gaib lainnya).

Instinkt belajar sudah ada pada manusia, sejak dia exist, karena itu
mereka beranjak dari taraf yang rendah sebagai manusia purba menjadi
sekarang. rakyat USA dan Eropa serta Jepang belajar dan lihatlah apa
hasilnya. Banyak rakyat didunia ini, kebanyakan, berhenti belajar,
lihatlah pula apa hasilnya.

Hukum alam ini telah pula difahami oleh para cendekiawan yang
menerobosnya melalui falsafah, seperti Descartes, Spinoza, Karl
Popper, August Compte, kant dsb. Mereka menemukannya tanpa melalui
wahyu apapun.

Kisah kisah mengenai nabi nabi memang asyik dibacanya seperti
dongeng, namun sulit dipakai sebagai bahan analisa falsafah.

Salam

danardono

http://us.click.yahoo.com/5F6XtA/.WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM