--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Samsul Bachri" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Mas Danardono,
>
> Jika Yesus adalah dilahirkan sebagai manusia, dan mendapatkan Ruh
Illahi, berarti ada Tuhan Yang Maha Benar, yang telah memberikan Ruh
Illahi tersebut kepada Yesus, bukan? Dialah Tuhan Yang Esa, sesuai
dengan ini :

> Katakanlah
Tuhan itu Esa - tunggal
kepada DIAlah kita meminta pertolongan.
Dia tidak melahirkan...dan...Dia tidak dilahirkan.
Tidak ada sesuatu pun dialam ini yang serupa (menyerupai)  DIA.
Al-ikhlas).

> Salam

------------------------
Saya mengertinya demikian. Mudah2an saya gak keliru. Sebab sang
Pencipta sudah selalu ADA, maka kita sebut Maha ada (the All being).
Dan tak akan berakhir.

Dalam agama Kristen diajarkan "manusia adalah anak anak Tuhan", saya
mengerti, bahwa sang manusia ini adalah bukan saja ciptaan, namun
juga bagian dari sang Pencipta. Mungkin inilah, yang digambarkan
dalam kalimat (yang agak ajaib): "manusia diciptakan sesuai citra
Tuhan". Jadi jangan kita mengerti secara harfiah "citra". Juga inilah
inti falsafah pada pertemuan di Nicea 300an setelah
Masehi: "homoousios", satu makna dengan bapak (satu makna dengan sang
Pencipta".

Mungkin karena keterbatasan penguasaan bahasa oleh semua manusia,
maka terjadi perbedaan faham. Sang Pencipta tak mungkin berbicara
dengan bahasa manusia, karena bahasa manusia TAK mungkin dapat
mencakup semua kebenaranNya.

Misalnya, kita terbiasa membayangkan, kalau anda ada di Jakarta, tak
mungkin sekaligus minum kopi dengan saya di Vienna ini, lalu ngobrol
dengan kawan kawan di Aggra.

Tetapi, sang Pencipta ada dimanapun sekaligus. Memahami apa yang akan
kita katakan, begitu kita memikirkannya, jadi tak perlu
mengucapkannya. Kalau anda bayangkan kecepatan penyaluran message
melalui internet ini, dari computer saya ke computer anda, dapat anda
bayangkan, bagaimana cepatnya sang Pencipta memahami apa yang anda
maksudkan.

Kita seringkali sudah terganggu oleh perbedaan kata kata sedikit
saja, misalnya "Tak ada Tuhan melainkan Allah" atau "Tak ada Tuhan
selain Allah".

Anda tahu, kata " dan" dalam kehidupan se-hari-hari beda dengan "dan"
dalam mathematica. Bahasa Indonesia membedakan antara "kami"
(sipembicara dan golongannya), dan "kita" (pembicara dan yang diajak
bicara). Pembedaan ini tak ada dalam bahasa bahasa Barat. Jadi,
alihbahasa sudah cukup membingungkan.

Kata "Tuhan" adalah awalnya digubah dari "Tuan". Dalam bahasa Jawa
kita pakai kata "Gusti", yang berarti "tuanku". Sedangkan "God" tak
mengandung unsur tuan.

Kata "jauh" adalah berbeda, bagi seorang desa, yang tiap hari hanya
berpedati beberapa kilometer, dan seorang salesman di USA yang tiap
hari bekerja dan menjenguk nasabah ratusan kilometer naik mobil atau
pesawat. Atau seorang peneropong bintang, yang sedang mengamati benda
angkasa luar yang terletak jutaan tahun cahaya dari matanya...

Salam

danardono

'Thanks & Giving.'
http://us.click.yahoo.com/mGEjbB/5WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM