----- Original Message -----
From: "Herni Sri Nurbayanti" <[EMAIL PROTECTED]>
Wah, dimilis sebelah juga dibahas soal jilbab sexy, tapi lebih ke
sexy penilaian dari laki2. Maksute, sebagian cowo merasa cewe
berjilbab itu lebih sexy daripada yg tidak berjilbab. Dalam
ke"seksi"an kan mengandung unsur menarik. Ini gak harus karena
umbar "sensualitas" aja. Tapi ini udah dibahas di WM yak..:-)

Berarti, ini perspektif baru, jilbab sexy dari si pemakainya yg
feeling sexy dng berjilbab. Bisa jadi juga sih. Kalo ngeliat dari
pendekatan yg dipakai, jilbab sbg mode/trend. Ada majalah 'akhwat'
yg menampilkan model pakaian muslim yg lucu-lucu, cantik-cantik,
manis-manis, enak dilihat. Tertutup tapi kok menarik ya? Gak harus
umbar 'aurat' utk feeling so sexy toh? :-) Ditambah pemahaman, bahwa
gaya 'ketertutupan' ini laku di 'pasaran', hehehe. Maksute, ya itu
tadi, balik ke bahasan semula, ada laki2 yg menyukai cewe berjilbab.
Ada demand. Ada supply. Hihihi...

Apa iya, para cewe2 ini berbaju utk berfungsi sbg supply, sekedar
dari reaksi dari demand yg ada? :) Berarti perempuan tetap gak punya
eksistensi dan jati diri dirinya sendiri dongk.. sekedar 'berbaju'
aja bukan karena pilihan sendiri..:-)

Pada komunitas2 tertentu, ada semacam 'aturan tak tertulis' kalo mau
diterima di komunitas itu, harus berjilbab. Kalo gak berjilbab juga
gpp sih, tetap baik dan diterima. Tapi tetap ada jarak, belum secara
penuh diterima dlm komunitas tsb. Tetap merasa sbg outsider. Gara2
ini, jadi ada 'suudzon' soal acara keagamaan, termasuk di acara
kopdar milis2, termasuk WM. Ada yg mau ikut, terus bertanya, saya
gak pake jilbab gpp? Atau, saya gak berjilbab tapi ntar bawa
kerudungan kok utk jaga2..:-) Emang kita peduli gitu, ente berjilbab
ato tidak? please deh :-) Jawabannya sederhana aja, gak usah pusing
dng urusan jilbab. Bawa diri aja (dan bawa makanan) :-P Parameternya
bukan jilbab, tapi makanan.. hihihihi gak nyambung.

Last call nih, pada mau ikutan ke ciamis gak? Dari milis ini ada
sekitar 7 orang yg ikutan. Ada juga kok teman2 yg baru bilang mau
ikutan kemarin, belum dpt karcis... jadi ya, besok pagi2 daku
ngantri beliin karcis. Pokoknya udah ngajak loh ya, jangan ntar
diomel2in lagi protes ini itu :-) Hobi bener dah ngomel2in orang..
asoy geboy aja, napa..:-)

wassalam,
herni

----------
From: "Mia" <[EMAIL PROTECTED]>

Menghindarnya saya dipotong oleh mbak UR. Saya bilang, soal hukum
fiqh aurat dan jilbab itu sudah dikupas tuntas. Bukannya menghindar
dari diskusi.

Dan pola pikiran mbak kental sekali, dan nggak jauh-jauh dari 'hukum'
itu, sampe hukum fiqh dan 'hukum Allah' juga dirancukan, saya kutip:

UR: "Tentang feeling sexy dng berjilbab....ya jelas hukumnya
juga.....ini sama aja mempertanyakan gimana kalau orang pergi haji
niatnya cuma biar dapat panggilan Pak Haji atau Bu Haji......ya nggak
mambrur toh....."

Pertama, analoginya saya nggak terima: berpakaian dan pergi haji.
Sebaiknya analogi ini ditinggalkan saja supaya diskusinya nggak
ruwet.

Kedua, eeeh...mbak lari ke hukum lagi.  Baiklah, menjadikan diri
menarik dengan pilihan sendiri itu adalah 'hukum Allah'. Menarik,
feeling sexy..itu kan kodrat kita yang hukum Allah (dan ini nggak
sama dengan mengumbar nafsu kodrat dengan tidak menutup aurat!).
Sampe disitu saja omongan saya tentang hukum ini.  Dan hukum Allah
yang ini nggak sama dengan hukum fiqh yang mewajibkan jilbab.

Salam
Mia

'Thanks & Giving.'
http://us.click.yahoo.com/mGEjbB/5WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM