Ya, saya juga punya daftar complain tambahan:
- teman sekantor gagal sekolah ke US karena visa tidak keluar padahal
sudah jelas ada admission & scholarship letter dari univ ybs.
- teman disini gagal pergi konferens ke US padahal harus presentasi.
- bbrp teman kantor yg pergi ke Brazilia harus mencari rute memutar,
yg penting tidak lewat US untuk ganti pesawat, karena meski transit
mesti apply visa juga.
- saya sendiri pernah kena "random check" saat hendak meninggalkan
salah satu airport US, sampe laptop dan digicam mesti dinyalain
didepan petugas, tapi lucu juga liat petugasnya meraba2 sepatu jalan
gua yg cukup dekil :D (baunya sedap kali..)

Tapi ya nasib2an juga.. kadang smooth aja (saya pernah gampang dan
cepet banget dapat visa), pas datang pun petugas2nya friendly, bahkan
saya diminta tolong nganterin sepasang suami-istri tua dari jordania
yang sama sekali tidak bisa berbahasa inggris dari immigration
check-point sampe ke baggage claim (padahal saya juga nggak ngerti bhs
arab).

Pernah liat ini?
http://www.sorryeverybody.com/gallery/single/se27.jpg/

salam,