Aku sangat setuju dengan Bung Nizami, pornografi dan jangan lupa tayangan
kekerasan (iklan, sinetron dan juga berita kriminal) merupakan trigger yang
sangat kuat terjadinya kekerasan fisik maupun seksual.

Jadi jelas trigger2 tersebut harus dilokalisir dan dimusnahkan. Sepanjang yang
aku ketahu pemusnahan trigger2 tersebut hanya bisa terjadi setelah hal tsb
dilegalisir dan dilokalisasi.
(bagaimana dgn tayangan pornografi dan kekerasan dari internet???)

Namun itu "hanya" faktor trigger, pemicu. Kita mesti juga memperhatikan faktor
yang lebih menentukan, yaitu si subyek yg mudah terpicu. Sebgai contoh di Arab
walaupun sudah berjilbab dan sangsi yg juga keras, masih banyak saudari2 kita
yg bekerja di sana diperkosa. Demikian dengan terungkapnya pelecehan seksual
oleh Pastor2 di Amerika maupun di Eropa. Sementara di suku-suku pedalaman
misalnya, jarang atau hampir tidak pernah dilaporkan adanya pelecehen seksual.

Tampaknya masalahnya jadi makin kompleks. Bahkan memerlukan pendekatan beberapa
cabang ilmu pengetahuan seperti psikolgi, sosiologi, dan antropologi. Aku
pernah dengar dari seorang antropolog bahwa di suku-suku yg masih asli, yang
(maaf) belum mengenal kutang alias buah dadanya terbuka, tidak pernah
dilaporkan terjadi pemerkosaan.

Namun jelas bahwa kita tidak mungkin mengikuti kaum Nudis untuk tampil di
publik tanpa sehelai benang pun. Selain mengganggu kesopanan, kesehatan, ini
bisa membuat indsutri tekstil Indonesia yg sudah keteteran menghadapi India dan
China makin nyungsep.

Jadi bagaimana solusinya, jawaban gampangnya lewat pendidikan sex yang lebih
jujur. Jawaban yg populer tapi kurang memadai adalah dengan
punishment/hukum/undang-undang. Untuk hal-hal yg sudah setua umur umat manusia
tampaknya hukum sering kali malah menjadi faktor perangsang. Makin dilarang
makin merangsang!!.

Pemerkosaan konon khabarnya hanya bisa dilakukan oleh jiwa yg penuh kekerasan,
yg masa kecilnya juga pernah mengalami pelecehan ataupun penuh kekerasan. Jiwa
yg tumbuh berkembang dalam kebebasan dan cinta kasih tak akan melakukan
pemerkosaan.

Repotnya di Indonesia pendidikan yang membebaskan jiwa masih kurang populer.
Yang lebih populer di Indonesia adalah pendidikan "harus ini, harus itu".
Jadinya lahirlah manusia-manusia yang berlagak harus ini harus itu, tapi
melakukan sesuatu yg harusnya tidak dilakukan. Tidak bisa jujur dan Munafik.
Karena tidak jujur dan munafik, mereka tidak mau melihat seusatu secara
obyektif, mereka makin sombong dan makin keranjingan memakai simbol-simbol
agama. Bahkan mobil pun ditempelin sticker "Islam is the only way", "Jesus is
the best" etc. etc...  Namun itu tidak mengobati melainkan mengalihkan
perhatian mereka pada kenyataan diri sendiri, untuk lebih mengenali diri
sendiri.

Erich Fromm dalam bukunya "seni mencinta" (the art of loving) menjelaskan
mencinta mengandaikan suatu sifat menyukai obyektifitas, juga ttg dirinya
sendiri. Tidak heran pepatah kuno mengatakan: Kenaliah Dirimu Sendiri, Maka
Engkau Akan Berbahagia. Lawan dari pribadi mencinta adalah pribadi narsis.
Pribadi narsis ditunjang oleh pendidikan otoriter. Fromm bahkan percaya
represi, otoriterisme di masa kecil adalah sumber penyakit-penyakit jiwa, baik
yg ringan maupun yg akut. Pendidikan otoriter tidak memberikan ruang untuk hal
yang nyeleneh, Pendidikan otoriter tertutup untuk sesuatu yg baru, takut
sesuatu yg lain. Ia tidak mengenal, tidak memahami kata-kata : "belajarlah
sejauh mungkin, ke negeri cina kalau perlu".

Tidak heran seorang Profesor Tu Weiming dari Harvard, mengatakan dalam sebuah
dialog di UIN Syarif Hidayatullah: "Hanya tradisi terbuka yang bisa bertahan"

Akankah Indonesia akan bertahan????

Wassalam
Bobby B

A Nizami <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Hukuman yang lembek adalah 1 faktor.
Faktor lainnya, ya gambar/video porno. Setelah calon
pemerkosa terangsang birahinya oleh gambar/video porno
tsb, kemana menyalurkannya? Kalau tidak ke pelacur, ya
memperkosa wanita/balita jadinya.

Jadi faktor pemicu/trigger seperti merajalelanya
pornografi juga harus diberantas.

http://www.balipost.co.id/balipostcetak/2005/5/26/op1.htm

> yang
> [...]
=== message truncated ===

Bacalah artikel tentang Islam di:
http://www.nizami.org

http://promotions.yahoo.com/new_mail

What would our lives be like without music, dance, and theater?
Donate or volunteer in the arts today at Network for Good!
http://us.click.yahoo.com/MCfFmA/SOnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM