Salut dengan ketabahan hati Tika ! semoga dapat sedikit membuat harum nama
Indonesia, "satu satunya wakil asia di 15 besar geto loeh"

-----Original Message-----
From: ppiindia@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Behalf Of Ambon
Sent: 01 Juni 2005 5:13
To: Undisclosed-Recipient:;
Subject: [ppiindia] Hebat, Artika!

http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail&id=5055

Rabu, 01 Juni 2005,

Hebat, Artika!

Satu-satunya Wakil Asia di 15 Besar Miss Universe
BANGKOK - Artika Sari Devi mencatat sejarah di kontes Miss Universe 2005 di
Bangkok, Thailand, kemarin pagi. Gadis 25 tahun itu tak hanya menjadi peserta
pertama dari Indonesia, tapi juga berhasil masuk semifinal, menjadi 15 terbaik
di antara total 81 peserta.

Lebih dari itu, Tika -sapaan akrab Artika- juga menjadi satu-satunya wakil dari
Asia yang berhasil lolos ke babak tersebut.

Wartawan koran ini yang meliput langsung di Impact Arena, Bangkok, Ariyanti
Kurnia Rakhmana, melaporkan suasana haru langsung menyelimuti rombongan
Indonesia yang datang untuk mendukung Tika. Kedua orang tuanya, Kusmayadi dan
Poppy Dyah Retnowulan, tak kuasa menahan tangis haru. Bahkan, Poppy spontan
melakukan sujud syukur. Ketua Yayasan Puteri Indonesia Wardiman Djojonegoro,
Dewi Motik, dan pengacara Adnan Buyung Nasution juga terlihat berkaca-kaca
menahan haru.

"Kami berdua begitu bahagia. Keberhasilan ini merupakan sebuah anugerah yang
begitu indah. Apalagi, kami tak pernah menargetkan apa-apa," tutur Poppy.

Walau akhirnya tak bisa menembus babak sepuluh besar, sama sekali tak ada
perasaan kecewa. Tika mengungkapkan itu sesudah acara, di tempat karantina di
Hotel Dusit Thani, Bangkok. "Sungguh, saya tidak pernah membayangkan bisa lolos
sampai sejauh ini," kata Tika penuh binar bahagia.

Tika merasa suksesnya kemarin merupakan hasil dari ekstra "B", melebihi 3B
-brain, beauty, dan behavior- yang diminta panitia. Ekstra "B" yang dimaksud
adalah brave, berarti keberanian.

"Penyelenggara mencari seorang gadis yang benar-benar memiliki karakter kuat
dalam dirinya. Dan, saya bangga bisa terpilih untuk mewakili karakter Asia.
Selain memiliki 3B, saya punya brave. Jadi, termasuk peserta paling imut, saya
punya keberanian dan tekad lebih besar daripada peserta lain," tutur gadis
bertinggi badan 170 cm itu.

Berbekal brave itulah, Tika mengaku bisa bertahan untuk terus mengikuti ajang
Ratu Sejagat tersebut ketika ada tekanan yang meminta dirinya mundur dari ajang
paling bergengsi itu. "Tekanan yang saya terima begitu berat. Tapi, saya bisa
bertahan untuk tidak mundur dari kesempatan ini," tegasnya.

Tika merasa memiliki keberanian sebesar itu karena dia merasa memiliki niat
yang baik. "Kenapa saya bisa kuat? Sebab, saya selalu berdoa. Tuhan tahu niat
saya ikut acara ini baik. Saya hanya ingin memperkenalkan pariwisata Indonesia.
Tidak ada dalam benak saya untuk menyakiti atau membuat pihak lain
tersinggung," lanjutnya.

Tika meyakinkan, jika tahun depan Indonesia mengirimkan lagi wakilnya, tak ada
satu pun kerugian yang didapat. "Banyak manfaat yang bisa didapat. Sekarang
banyak orang tahu bahwa Indonesia bukan hanya Bali. Di ajang ini tidak ada satu
pun kegiatan seperti dibayangkan banyak orang. Tak ada pengukuran alat vital
atau semacamnya. Saya berani membuktikan itu. Sebab, di ajang ini tak ada satu
pun kegiatan yang saya lewati. Semua saya jalani," tutur gadis kelahiran
Pangkalpinang itu.

Saat berdiri di antara jajaran 15 besar, Tika ingin menyampaikan terima kasih
kepada sejumlah orang. Terutama tentu saja untuk kedua orang tuanya dan semua
orang yang telah memberikan dukungan. "Papa dan Mama selalu ada untuk saya.
Padahal, cobaan yang harus mereka lalui untuk mendukung saya tidaklah ringan,"
ujar gadis yang sebelum babak final menyempatkan diri minum air zamzam tersebut.

Sebetulnya, penampilan Tika di babak penentuan kemarin lebih berat daripada
yang dibayangkan. Beberapa menit sebelum naik panggung, dia mendapat sebuah SMS
dari seorang teman baiknya di Jakarta. Isinya mengabarkan bahwa saat ini di
internet telah tersebar foto-foto Tika topless ketika berada di Pantai Phuket
beberapa hari lalu.

Meski yakin sekali bahwa itu bukan foto-foto dirinya, Tika sempat merasa kecewa
adanya SMS itu. Bahkan, dia mengaku penampilannya ikut terpengaruh. "Saya
merasa begitu sedih. Bagaimana mungkin pada detik-detik menjelang saya tampil
masih ada saja kabar yang menyudutkan saya. Saat tampil di panggung itu,
sebetulnya saya sudah membawa beban pikiran yang lumayan berat," keluhnya.

Soal gagal masuk sepuluh besar, Tika menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak
kecewa. "Orang-orang yang terpilih masuk sepuluh besar memang yang tercantik di
antara para peserta dan saya sangat setuju dengan keputusan para juri,"
katanya, yang kemarin harus bangun pukul 02.00 dini hari untuk bersiap
menghadapi babak final.

Untuk tahun depan, Tika punya harapan besar dari masyarakat Indonesia. Dia
berharap, Putri Indonesia selanjutnya bisa mendapat dukungan penuh.

"Rasanya sedih lho, berangkat ke ajang internasional tanpa ada dukungan dari
orang-orang di negaranya. Saya suka iri melihat kontestan yang penampilannya
mendapat dukungan penuh. Kayaknya kok enak gitu ya, tanpa beban," ungkap gadis
yang mengaku tetap menghormati semua perbedaan pendapat tentang
keikutsertaannya itu.

Untuk kemenangannya ini, Tika berhak mendapat sebuah piala, sejumlah gift, dan
uang tunai -Tika tak mau disebutkan jumlahnya. Selain itu, Tika ternyata
mendapat banyak tawaran kerja dari sejumlah perusahaan di Thailand. "Tapi, saya
masih belum bisa cerita apa tawaran itu. Yang jelas, di acara ini saya bisa
promosi gratis tentang Indonesia," tuturnya.

Ke depan, Tika berencana kembali ke tanah air dulu untuk melanjutkan sekolahnya
di Kenotariatan Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta. Selain itu, dia berencana
bergabung dengan Komisi Perlindungan Anak. "Saya suka sekali anak-anak dan
kebetulan bidang pendidikan yang saya ambil adalah hukum. Makanya, saya
putuskan untuk terlibat di yayasan ini," pungkasnya. (ayi)

Ever feel sad or cry for no reason at all?
Depression. Narrated by Kate Hudson.
http://us.click.yahoo.com/LLQ_sC/esnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM