pindah agama itu mirip pindah kewarganegaraan, pindah pakai produk tertentu,
pindah istri (alias cerai dan kawin lagi dengan lainnya yang ok menurutnya),
tetapi keberatan utama pindah agama adalah umumnya masyarakat sekitar, saudara,
orangtua dll yang pada intinya adalah social sanction. Absurd tidaknya pindah
agama, adalah sebuah pendapat seseorang untuk berpendapat subyektif, dan kita
tetap harus menghormati kemerdekaan seseorang untuk (i) memilih (pindah) agama
dan kepercayaannya (termasuk tidak percaya agama juga lhoooo), (ii) berkata
absurd or brengsek or kurang ajar or (maaf) "fuck you" terhadap orang yang
pindah agama, pindah produk atau pindah istri. Ini adalah prinsip utama yang
tertera dalam pasal 29 UUD 45 lhooo. dengan adanya kebebasan memilih, maka
kompetisi pasar untuk memilih (i) agama (ii) istri (iii) produk yang ok dan
cocok, dapat berjalan tanpa adanya pemaksaan atau kekerasan bentuk apapun.
Dengan begitu, tiap agama harus bersaing merebut simpati, dengan
mengeluarkan fatwa2 atau ajaran yang bermanfaat buat manusia penganutnya dan
yang bukan penganutnya juga, dan tiap agama akan berhati2 untuk berkontroversi
gak keru-keruan untuk tujuan politik praktis segelintir pemimpin agama untuk
tujuan hegemoniknya. Sama dengan pemilihan presiden. sama dengan pemilikhan
kepala daerah. sama dengan pemilihan mitra kerja dengan investor mana saja.
Intinya mekanisme pasar bekerja paling efektif, untuk membentuk perilaku yang
sehat dan bertanggungjawab dari semua pelaku usaha, pelaku agama, pelaku
politik, dan juga pelaku KEJAHATAN DUNIA INI !!! iming--- On Tue 05/31, A
Nizami < [EMAIL PROTECTED] > wrote:From: A Nizami [mailto: [EMAIL
PROTECTED]: [EMAIL PROTECTED]: [EMAIL PROTECTED]: Tue, 31 May 2005 03:11:34
-0700 (PDT)Subject: Re: [ppiindia] Soal Pindah Agama -- atau Masuk
Islam?Tulisan Ulil absurd.Kalau memang semua agama benar dan dia tidak
sukaorang pindah2 agama, kenapa dia bercerita tentangadanya mualaf yang masuk
agama karena JIL?Suruh saja orang tsb tetap pada agamanya. Kan katanyasemua
agama benar...--- Ari Condro wrote:> > ----- Original Message ----- >
From: "Ulil Abshar-Abdalla" > > Salam,> Saya berkali-kali mendapat
email tentang keinginan> sejumlah orang muallaf untuk belajar Islam
dengan> saya. Sebagian dari mereka mengatakan bahwa Islam> seperti
disodorkan oleh JIL adalah lebih masuk akal.> > > Sebuah email yang
saya terima dari seorang gadis di> Bali bercerita tentang keinginannya masuk
Islam> sejak> lama. Tetapi tertunda, bahkan hampir gagal, karena>
peristiwa bom Bali. Dia punya pandangan bahwa Islam> agama kekerasan. Tetapi
setelah membaca> tulisan-tulisan dari JIL dan mendengar ulasan-ulasan>
tentang Islam dari saya, dia merasa mantap kembali> untuk masuk Islam. >
> Seseorang yang lain bercerita bahwa dia telah masuk> Islam dan hampir
keluar lagi setelah menyaksikan> hal-hal yang mengecewakan dalam
Islam. Tetapi dia> membatalkan niatnya itu setelah membaca>
tulisan-tulisan dari JIL. > Bagi saya, agama adalah soal yang tak
main-main.> Pindah agama adalah peristiwa "gempa" yang maha> hebat.>
Hingga sekarang ini, saya masih bergetar jika> mendengar seseorang pindah
agama. Secara umum, saya> tak suka orang yang pindah agama: baik pindah
ke> Islam, atau pindah ke agama lain. > > Saya percaya bahwa semua
agama adalah baik dan> benar,> oleh karena itu tak ada gunanya pindah
agama. Jika> anda kebetulan "lahir" dan "tumbuh" dalam agama A> atau>
B, maka teruskan mencari kebenaran dalam agama itu> hingga sejauh-jauhnya,
dan anda akan mencapai Tuhan.Bacalah artikel tentang Islam
di:http://www.nizami.org__________________________________ Do you Yahoo!?
Yahoo! Small Business - Try our new Resources
sitehttp://smallbusiness.yahoo.com/resources/------------------------ Yahoo!
Groups Sponsor --------------------~--> In low income
neighborhoods, 84% do not own computers.At Network for Good, help bridge the
Digital
Divide!http://us.click.yahoo.com/HO7EnA/3MnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM--------------------------------------------------------------------~->

***************************************************************************Berdikusi
 dg Santun & Elegan, dg Semangat Persahabatan. Menuju Indonesia yg Lebih
Baik, in Commonality & Shared Destiny.
www.ppi-india.org***************************************************************************__________________________________________________________________________Mohon
 Perhatian:1. Harap tdk. memposting/reply yg menyinggung SARA (kecuali sbg
otokritik)2. Pesan yg akan direply harap dihapus, kecuali yg akan
dikomentari.3. Lihat arsip sebelumnya, www.ppi-india.da.ru; 4. Satu email
perhari: [EMAIL PROTECTED] No-email/web only: [EMAIL PROTECTED] kembali
menerima email: [EMAIL PROTECTED] Groups
Links<*> To visit your group on the web, go
to:http://groups.yahoo.com/group/ppiindia/<*> To unsubscribe from this
group, send an email to:[EMAIL PROTECTED]<*> Your use of Yahoo! Groups is
subject to:http://docs.yahoo.com/info/terms/

Does he tell you he loves you when he's hitting you?
Abuse. Narrated by Halle Berry.
http://us.click.yahoo.com/aFQ_rC/isnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM