--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Lina Dahlan" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Ini jadi bicara soal HidayahNya. Apakah hidayah itu perlu 'usaha
> mencari'nya atau datang sesuka hati Dia yang memberi?
>
> wassalam,

------------------

Hidayah atau tidak, kalau mendarat disebuah agama, wah ya syusyah
katakan, mBak.

Yang utama menurut saya, kalau kita sadar, bahwa apa yang terjadi,
terutama adalah merupakan azas sebab akibat, yang keluar dari apa
yang kita lakukan. Memilih sebuah agama, kalau hidup kita kotor, atau
kosong dari perilaku mulia (berdharma), misalnya kita tak berbuat
salah apapun, tapi juga tak berbuat apapun untuk kebaikan sesama
manusia, ya dimanakah hidayahnya?

Seorang ibu Teresa pasti berhidayah, bukan karena beliau kebetulan
memilih agama katholik, namun karena apa yang beliau lakukan dalam
berdharma. Setiap nafas beliau, beliau isi dengan welas asih.

Kita tak akan mencapai tujuan (ke surga atau sebagainya), tanpa kita
berbuat pahala, walau ini kita lakukan tanpa meng-hitung
hitung "hadiah" dari "langit", tetapi melakukan kebaikan karena
kebaikan itu sendiri.

Agama adalah wahana. Kendaraan. nah, kendaraan ini mungkin
Lambhorgini, yang kita pandang bagaikan hidayat, atau anugerah. namun
kalau kita, tak menggunakannya untuk mencapai tujuan, atau malah
menabrak orang dengan kendaraan ini, maka yang namanya hidayah
hanyalah sebatas kertas kosong tak tertulis satu goresan penapun...

Sampai ketujuan, hanyalah dengan upaya. Dengan bantuan wahana. wahana
tanpa upaya, kita berjalan ditempat, upaya tanpa wahana, jalan kaki,
mungkin akan sampai, namun lebih berat, tanpa kekuatan yang membawa
kita ketujuan...

Salam

danardono