--- In ppiindia@yahoogroups.com, "fauziah swasono" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Setuju. Disini saya tidak merasa butuh mobil pribadi walau harga
> mobil separo atau sepertiga harga mobil di jkt. Suatu ketika prof
> saya cerita, dia baru pulang rapat dg presiden dan pejabat tinggi
> Indonesia di jkt. Dia bilang: wah, pejabatnya pake jam tangan rolex
> emas, sedangkan jam tangan saya harganya 3 ribu yen. Dan ini bukan
> kejadian aneh di Indonesia kan? Pengutang lebih glamour dari pemberi
> utang :D

-------------------
Jangan lupa, mBak, yang penghutang, adalah negara dan bangsa Indonesia.
Namun beberapa orang kaya, adalah pemberi hutang. Kekayaan mereka jauh
melebihi hutang.

Jam Rolex itu biasanya pemberian orang pada pejabat, untuk fasilitas
yang diberikan. Demikian pula kendaraan mewah, seperti Mercedes dan BMW.

Ekonomi kita justeru berjalan dalam system semacam ini. Apabila pejabat
tidak mendapat kenikmatan, dia takkan melakukan sesuatu bagi
pebusiness, akhirnya business mati.

System ini berjalan dihampir semua negara negara Dunia Ketiga: seluruh
Amerika Latin, negara negara ex komunis di Eropa, juga di Asia dan
Timur Tengah.

Karena negara negara kaya yang industrialized merasa diuntungkan karena
negara negara mitra niaga amburadul, ya mereka malah suburkan
keamburadulan ini, dengan suap menyuap ria...

Salam

danardono