--- In ppiindia@yahoogroups.com, aris solikhah <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Mbak LIna,
> Moralitas dan HAM berdasar apakah? Menurut siapa ? Standar
moralitas sebenarnya juga absurd. Bila diserahkan dengan perasaan
manusia maka akan terjadi perdebatan yang luar biasa tak berujung dan
berakhir, bahkan akan menimbulkan perdebatan. Karena perasaan manusia
sangat dipengaruhi, lingkungan, pengalaman hidup, pemikiran dan
persepsi dia bukan?
> Contoh kasus muslimah berbaju sopan sesuai moral dan etika. Sopan
menurut Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Irian Jaya atau Islam.
Kalau Islam sangat jelas patokannya.
> Orang dikatakan baik menurut Batak, Minangkabau, Jawa, Bali, Irian
atau Barat. Ataukah baik menurut Islam yang jelas yakni orang yang
berusaha taat dengan perintah Allah.

> salam,
>
> Aris
-----------------------------------

DH: Jadi yang baik buat orang Batak, Minangkabau, Jawa, Bali atau
Irian belum tentu baik menurut agama Islam?

Saya kira sampai kini, patokan nilai budaya juga jelas.

Bangsa Indonesia, dari suku manapun, adalah bangsa beragama, namun
negara ini bukan negara agama.

Jadi, jelas juga bukan?

Di Eropa juga nilai moral cukup jelas. Tak ada yang pakai bikini
kegereja, kekantor, dsb. Tetapi juga tak pakai busanan ibadat ke
pantai.

By the way busana Jawa bagi ibu ibu dan bapak bapak itu cukup sopan
tidak? Menurut saya sih cukup.

Salam

danardono