John Lee itu ahlinya menyusup blokade kapal Londo dengan speedboat nya yang
dikenal "black devil" (kalau tidak salah). Belanda sempat menyangkal bahwa
blokade mereka telah gagal, sebelum akhirnya pihak intelijen US melalui foto
udaranya membuka hal itu semua...

kapal yang dibawa John Lee itu speedboat kecil yang sebenarnya sangat
beresiko tinggi untuk mengarungi samudra menuju thailand untuk menjual hasil
bumi kita dan memasok senjata demi kebutuhan revolusi. Tapi hal tersebut
harus dilakukan karena mustahil dapat menembus blokade belanda jika
menggunakan kapal ukuran standar. Dan penerobosan blokade tersebut dilakukan
pada tengah malam dan tanpa menggunakan lampu kapal.. sebuah tindakan yg
sangat beresiko tinggi.

John Lee beberapa kali lolos.. hingga pada akhirnya ditangkap.. dan
didaratkan di pelabuhan Belawan, dan resmi menjadi tawanan Belanda.

Salut dan hormat kepada beliau..

-ay-