--- In [EMAIL PROTECTED], "huttaqi"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Kurang lebih tahun 1990 an, pertama kali saya
mendengar pendapat salah seorang ulama Besar Tasawuf
di Indonesia, Bapak Kyai Muchammad Muchtar Mu'thi
(-beliau adalah satu-satunya ulama Indonesia yang
namanya tercantum di Ensiklopedia Islam jilid V, Bab
huruf T-Thoriqoh, tertulis diantara 44 thoriqoh dari
12 Negara. Ada disebutkan beliau sebagai Pimpinan dari
sebuah Thoriqoh yang memiliki nama Thoriqoh
Shiddiqiyyah-Sebuah Thoriqoh yang diyakini memiliki
jalur silsilah ajaran melalui Abu Bakar Shiddiq ).
Beliau  mempertanyakan akan pendapat umum yakni
tentang "Benarkah Nabi Isa akan turun di akhir zaman?"

Kebetulan saya punya buku Ensiklopedi Islam. Namun
saya tidak menemukan nama Muchammad Muchtar Mu'thi di
sana. Selain itu, pendapat bahwa Kiai tsb satu2nya
ulama Indonesia yang tercantum di EI tidak benar,
karena banyak ulama Indonesia lainnya yang disebut.
Contohnya Buya Hamka.

> Ada pemahaman yang sederhana tetapi kuat dan sangat
mendasar waktu itu yang saya tangkap. Disampaikan
begini oleh beliau:

> "Nabi Isa bin Maryam turun, pastilah membawa tugas
dari Alloh.

Nabi Isa turun tidak membawa syariat baru. Tapi
sekedar menghancurkan salib untuk mematahkan
penyimpangan yang dilakukan ummat Nasrani.

> Bukankah tidak ada lagi Nabi setelah Nabi Muhammad
sebab beliau adalah Khotamul Anbiya? Penutup Para
Nabi?"

Nabi Muhammad benar adalah Nabi terakhir. Nabi Isa
diutus sebelum Nabi Muhammad. Ketika Nabi Isa turun
kembali, Nabi Isa tidak membawa syariat baru. Tapi
tunduk pada syariat Nabi Muhammad dan sholat bermakmum
kepada ummat Nabi Muhammad.

Dari Jabir bin Abdillah ra berkata bahwa Rasulullah
SAW bersabda,"Akan tetap ada dari umatku yang berjuang
dalam haq dan eksis terus hingga hari kiamat. Kemudian
Nabi Isa bin Maryam turun. Lalu pemimpin umat Islam
saat iu berkata kepada Nabi Isa,"Kemarilah dan jadilah
imam dalam shalat kami". Namun Nabi Isa
menjawab,"Tidak, kalian menjadi peminpin di antara
kalian sendiri . Sebagai bentuk pemuliaan Allah atas
umat ini".

> Dan pada waktu itu, satu hal yang wajar kalau
kemudian saya menganggap bahwa pendapat tentang Nabi
Isa bin Maryam akan turun lagi jelaslah tidak benar.
Sebab hal itu bertentangan dengan ayat al Quran yang
menyebutkan bahwa Nabi Muhammad saw adalah Penutup
Para Nabi, "Khotaman Nabiyyin".

Tidak ada pertentangan di atas. Nabi Isa dihitung Nabi
ke 24 (yang disebut dalam Al Qur'an) sementara Nabi
Muhammad ke 25.

> Meskipun ada hadits yang meriwayatkan akan turunnya
Nabi Isa di akhir zaman, tetapi hal itu menjadi
tertolak sebab bertentangan dengan al-Quran. Artinya
bisa dikatakan bahwa Nabi Muhammad saw tidak pernah
menyampaikan khabar tentang turunnya Nabi Isa bin
Maryam di akhir zaman. Sebab bukankah menjadi sesuatu
hal yang mustahil seandainya Nabi Muhammad saw
menyampaikan sesuatu yang bertentangan dengan firman
Allah ??

Nabi Muhammad menyampaikannya di berbagai hadits
shahih:

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW
bersabda,"Demi Yang jiwaku di tangan-Nya, Nyaris akan
turun kepada kalian putera Maryam (Nabi Isa as)
menjadi hakim yang adil, menghancurkan salib dan
membunuh babi dan memungut jizyah dan memenuhi harta
... HR Muslim dalam kitab Iman bab turunnya Isa)

> Bayangkan saja, di dalam kitab "Turunnya Isa bin
Maryam pada akhir zaman" tulisan imam As Suyuthi,
dilampirkan 68 argumentasi yang menguatkan bahwa Nabi
Isa bin Maryam akan turun lagi di akhir zaman. 46
diantaranya adalah hadits Nabi dengan berbagai
derajat. Ada yang shahih, hasan, dan dhoif juga.
Sungguh begitu banyak argumentasi yang menguatkan
bahwa Nabi Isa bin Maryam akan turun di akhir zaman.

Bukankah berbagai hadits shahih sudah cukup bagi kita.
Jika kita benar2 berpikir jernih, tidak ada
pertentangan hadits2 shahih tsb dgn Al Qur'an.

> Dan di dalam kitabnya "Yesus akan kembali", Harun
Yahya memberikan kurang lebih ada 6 ayat al Quran,
firman Alloh, yang (menurut beliau) menunjukkan bahwa
turunnya Nabi Isa di akhir zaman itu sudah disebutkan
secara tersirat di al Quran..

Nah apalagi jika ternyata ada 6 ayat Al Qur'an yang
menguatkannya.

> Ternyata beberapa hal konsekuensi yang nanti akan
saya jelaskan detail di sini, akan terbawa seandainya
kita meyakini Nabi isa akan turun lagi di akhir zaman.

>   1.. Berarti dimungkinkan adanya nabi setelah nabi
Muhammad saw, meskipun Nabi itu tidak membawa syariat
agama yang baru dan itu terbukti jika memang benar
Nabi Isa bin Maryam akan turun lagi di akhir zaman.

Hanya Nabi Isa yang turun. Bukan Nabi2 gadungan.

>   2.. Berarti benar keyakinan yang juga diyakini
oleh umat Kristiani bahwa Yesus will return, akan
kembali nanti di akhir zaman. (Meskipun mungkin misi
yang diyakininya adalah berbeda dengan pendapat umat
Islam)

Benar Isa akan turun. Tapi memecahkan salib:) dan jadi
makmum orang Islam. Sehingga ummat Nasrani sadar
kekeliruan mereka.

>   3.. Bahwa benar keyakinan yang diyakini umat
Kristiani bahwa di akhir zaman, Yesus benar-benar
adalah Juru Selamat bagi seluruh umat manusia

Lah ini kesimpulannya kok nggak karuan...:)
Kan dijelaskan di hadits bahwa Nabi Isa akand
mematahkan SALIB dan sholat sebagai makmum.

Sebetulnya bagi orang yang berpikir tidak mungkin
kesimpulan 3 itu benar...:)

> Semoga apa yang saya lakukan ini dinilai Allah
sebagai amal yang sholeh, dan semoga Allah meridhoi
apa yang saya kerjakan. Amin

Untuk apa sih bikin hal2 yang kontroversial begini?
Cuma bikin ribut meski mungkin kita bisa dapat uang
dari buku tsb.

Lebih baik mengerjakan amal shaleh sehingga rakyat
kita tidak kena penyakit busung lapar atau
mencerdaskan rakyat melalui pendidikan.

Salam

Isa Al-Masih Turun Kembali Ke Bumi
Assalamu‘alikum wr.wb. Saya ingin bertanya, apakah
benar Isya al-masih akan turun kembali ke bumi
menjelang kiamat? Atas jawaban ustadz saya ucapkan
terima kasih, Jazakallah. Wassalam M. Al-Fatih.

Jawaban
Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Diantara tanda-tanda datangnya hari kiamat kubro
adalah turnnya Nabi Isa as. Beliau akan menjadi
muslimin atau bagian dari umat Islam, menghancurkan
salib dan menghancurkan berhala. Karena risalah yang
beliau bawa adalah risalah yang bersumber dari Allah
juga.

Namun turunnya beliau bukan sebagai nabi lagi karena
setelah diangkatnya Rasulullah SAW sebagai nabi
terakhir, maka tidak ada lagi nabi yang turun ke bumi
dengan membawa risalah dari langit.

Karena itu Nabi Isa kedudukannya bukan sebagai Nabi
lagi, tapi bagian dari umat Islam ini, berkitab suci
Al-Quran, mengucapkan dua kalimat syahadat, shalat
menghadap ka‘bah, puasa Ramadhan, berhaji ke Mekkah
dan menjalankan syariat Islam yang kita terapkan saat
itu.

Semua keteragan itu kita dapatkan dari hadits-hatis
Rasulullah yang sampai kepada kita, antara lain:

[...]

Rasulullah SAW bersabda,"Nabi Isa masih tetap tinggal
di bumi hingga terbunuhnya Dajjal selama 40 tahun,
lalu Allah mewafatkannya dan dishalatkan jenazahnya
oleh umat Islam. (HR Ahmad, Abu Daud, Ibnu Hiban,
Al-Hakim dan dishahihkan oleh az-Zahabi)

Wallahu a‘lam bis-shawab. Waassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

http://www.syariahonline.com/konsultasi/?act=view&id=305

Bacalah artikel tentang Islam di:
http://www.nizami.org

Yahoo! Sports
Rekindle the Rivalries. Sign up for Fantasy Football
http://football.fantasysports.yahoo.com