http://www.indomedia.com/bpost/072005/6/nusantara/nusa2.htm

Prabowo Terlibat Kredit Macet

Jakarta, BPost
Mantan Pangkostrad, Letjen (Purn) Prabowo Subiakto diduga terlibat dalam kasus
kredit macet PT Kiani Kertas sebesar Rp1,89 Triliun. Sebagai presiden direktur,
Prabowo diyakini mengetahui kondisi keuangan perusahaannya tersebut.

Terkait hal itu, Selasa (5/7), mantan menantu penguasa Orde Baru itu harus
menjalani pemeriksaan sekitar 9 jam di Gedung Bundar Kejaksaan Agung.
Pemeriksaan tertutup itu yang berlangsung sejak pukul 08:00 itu baru berakhir
pukul 17:20 WIB. "Dia diperiksa sebagai saksi," ujar Ketua Tim Pemberantasan
Tindak Pidana Korupsi Kejagung, Hendarman Supanji yang enggan memberikan
keterangan lain.

Prabowo sendiri juga tidak bersedia memberikan pernyataan ketika ditemui seusai
pemeriksaan. "Tanya aja kepada penyidik. Saya hanya memberi klarifikasi
terhadap 30 pertanyaan yang mereka ajukan," tukasnya.

Hanya saja, ketika dicegat sebelum menjalani pemeriksaan, Prabowo mengatakan
siap bertanggungjawab. "Saya bertanggungjawab karena saya pemilik saham di
perusahaan itu, karena saya bertanggungjawab, makanya saya datang ke sini,"
ujar Prabowo.

"Perusahaan itu sudah macet enam tahun. Kita beli karena kita ingin
menyelamatkan perusahaan itu. Secara resmi saham kita ambil alih Pebruari
2004," ungkapnya. JBP/bie