Yang menarik secara historis adalah peran golongan Nestorian dalam merumuskan
Trinitas:

Nestorian Party

Beberapa di antara Gereja terdahulu  mempergunakan  ekspresi
yang  tampaknya  menyangkal  adanya dua nature dalam Kristus
dan  mempostulasikan  suatu  nature   yang   tunggal   yakni
"inkarnasi  yang  menarik."  Dari  segi  pandangan ini Maria
sering dinamakan sebagai theotokos, ibu dari tuhan.  Sekolah
Alexandria  khususnya menolak kecenderungan ini. Sebaliknya,
sekolah Antioch berada pada kutub pandangan yang lain.

Hal ini khususnya terjadi dalam pengajaran dari Theodore  of
Mopsuestia.  Dia  mengambil  titik awalnya dalam kemanusiaan
yang  utuh  dari  Kristus  serta   realita   sempurna   dari
pengalaman    kemanusiaan   Kristus.   Menurut   pendapatnya
(Theodora),  sebenarnya  Kristus   berjuang   dengan   human
passion,   melalui   berbagai  godaan,  dan  keluar  sebagai
pemenang. Dia (Kristus) mempunyai kekuasaan  untuk  mencegah
dirinya dari dosa atau membebaskan dirinya dari dosa melalui
(a)  kelahirannya  yang  suci,   dan   (b)   kesatuan   dari
kemanusiannnya  dengan  ketuhanan Logos. Theodora menyangkal
perlunya indwelling dari Kristus, dan  membolehkannya  hanya
untuk  indwelling  moral. Dia tidak melihat adanya perbedaan
yang penting  tetapi  hanya  ada  perbedaan  derajat  antara
indwelling of God dalam Kristus dan yang percaya (believer).
Pandangan  ini  benar-benar  mensubstitusi  inkarnasi  moral
indwelling  pada  Logos  dalam  diri Yesus. Meskipun begitu,
Theodore enggan untuk membuat kesimpulan apakah pandangannya
tak  dapat  dihindarkan,  bahwa  ada personalitas yang ganda
dalam Kristus, dua person di mana  terdapat  suatu  gabungan
moral.  Dia  berkata  bahwa  gabungan  tersebut  sangat erat
sehingga kedua-duanya dapat berbicara sebagai  satu  person,
sebagaimana halnya suami dan istri dapat disebut satu tubuh.

Pengembangan  logika dari pandangan Antiochian dapat dilihat
dalam Nestorianism. Nestorius mengikuti jejak Theodore  yang
menyangkal   bahwa   bentuk   theotokos   dapat  benar-benar
diterapkan pada Maria dengan alasan yang sederhana bahwa dia
hanya   melahirkan   seorang   anak   laki-laki  yang  telah
ditetapkan  oleh  Logos.  Walaupun  Logos  tidak  melukiskan
kesimpulan  yang  layak bahwa diikuti dari posisi ini, namun
penentangnya yaitu Cyril memberikan kepadanya tanggung jawab
atas  kesimpulan  tersebut.  Dia menunjukkan bahwa, (a) jika
Maria bukan theotokos, yakni  ibu  seorang,  dan  orang  itu
adalah  tuhan  maka  asumsi dari seorang human being tunggal
pada fellowship dengan Logos disubstitusikan dari  inkarnasi
dari  God;  (b)  jika  Maria  bukan theotokos, maka hubungan
antara Kristus dengan  kemanusiaan  akan  berubah,  dan  dia
tidak   lebih   dari  redeemer  of  mankind.  Para  pengikut
Nestorius tidak ragu-ragu untuk membuat kesimpulan  tersebut
di atas.

Nestorianism     adalah     defektif    (tidak    sempurna),
ketidaksempurnaan ini bukan dalam doktrin  dari  dua  nature
dalam Kristus, tetapi dalam satu person. Baik kebenaran dari
kematian ataupun kebenaran dari kemanusiaan  adalah  diakui,
tetapi  kedua  hal tersebut tidak dikonsep dengan suatu cara
sebagaimana halnya membentuk suatu kesatuan yang  nyata  dan
mengkonstitusi  seorang  person  yang  tunggal. Kedua nature
tersebut juga merupakan  dua  person.  Pentingnya  perbedaan
antara  nature  sebagai  substansi yang dimiliki secara umum
dan person sebagai suatu substansi yang  relatif  independen
dari nature tersebut, adalah benar-benar tidak diakui.

Perihal  perpaduan  dua  nature (sifat) dalam kesadaran akan
diri yang tunggal, maka Nestorianism  menempatkan  perpaduan
tersebut  berdampingan  dengan setiap lainnya tanpa melebihi
gabungan moral dan simpatik di  antaranya.  The  man  Christ
bukanlah  God,  tetapi God-bearer, theophoros, yaitu pemilik
Godhead. Kristus dipuja, bukan karena  Kristus  adalah  God,
tetapi   karena   God  ada  dalam  diri  Kristus.  Pendirian
Nestorianism yang kuat ini yaitu  pendirian  yang  melakukan
pencarian keadilan sepenuhnya akan kemanusiaan Kristus. Pada
waktu  yang  bersamaan  tersebut  pendirian   itu   bertolak
belakang  dengan  seluruh  scriptural  proofs untuk kesatuan
person dalam mediator. Pendirian tersebut mengabaikan Gereja
dengan contoh agung akan kesalehan sejati dan moralitas akan
human person of  Yesus,  tetapi  menggali  pendirian  divine
human  Redeemer,  menggali  sumber  seluruh  kekuasaan  atau
kekuatan spiritual, keagungan, dan penyelamatan.

Salam

danardono

Nugroho Dewanto <[EMAIL PROTECTED]> schrieb:

At 09:18 AM 7/14/05 +0200, you wrote:
>Kristus diejek dan dibunuh oleh rakyatnya sendiri, yang budayanya menjadi
>dasar hidupNya, yang hukumnya menjadi hukumNya.
>
>Kitab suci Yahudi, yang juga menjadi Kitab suci Kristen, penuh dengan
>perjanjian, yang Yahweh berikan untuk membahagiakan rakyat Yahudi. Janji
>ini di-imani oleh umat Kristen berbentuk kedatangan Yesus, yang mendirikan
>kerajaan Allah. Yang dinantikan rakyat Yahudi adalah kerajaan Daud yang
>baru. Yerusalem yang baru, setelah dihancurkan musuh.
>
>Saya ingin tahu, apa yang terjadi, apabila Kristiani, sebagaimana juga
> [...]

bagaimana dengan gereja koptik di mesir atau gereja
nestorian yang banyak terdapat di suriah, irak dan iran....?

banyak sejarawan menilai gereja-gereja ini adalah gereja
yang "pribumi" dan "asli".... penganutnya adalah bangsa
semit, anak turun ishak dan ismail....

kebanyakan mereka adalah para pendoa yang tinggal
di biara-biara di padang pasir.... penyair terkenal kahlil
gibran termasuk pengikut gereja ini....

di masa lalu mereka mengejek gereja yunani sebagai gereja
melkit (dari melek, bhs ibrani = malik, bhs arab = raja),
maksudnya gereja pengikut kaisar = kaum penjajah....

konon, mereka ini yang menyambut dengan suka cita
kedatangan pasukan muslim yang masuk ke yerusalem/
al aqsa, di masa umar bin khatab.... kegembiraan itu tercermin
dalam ucapan seorang patriarch gereja nestorian: "dia tuhan
yang satu telah membangkitkan anak keturunan ismail
dari selatan untuk membebaskan kita..." kira-kira begitu yang
pernah saya baca....

mohon pencerahan tentang gereja koptik dan nestorian....

salam,

3. Lihat arsip sebelumnya, http://dear.to/ppi

Kita menjalani kehidupan dengan apa yang
kita peroleh, tetapi kita menciptakan
kehidupan dengan apa yang kita berikan.

(Winston Churchill)

3. Lihat arsip sebelumnya, http://dear.to/ppi