At 11:14 AM 7/14/05 +0200, you wrote:
>Nugroho Dewanto <[EMAIL PROTECTED]> schrieb:
>
>"...mohon pencerahan tentang gereja koptik dan nestorian....
>----------
>
>DH:Ada sebuah bacaan yang menarik: Kaum Kristen Nestorian mulai datang ke
>kepulauan Indonesia pada abad yang ke-12, dan kaum Kristen Katolik mulai
>datang pada abad yang ke-14. Tetapi Alkitab-Alkitab yang mereka bawa itu
>tertulis dalam bahasa-bahasa asing, yang sulit dipahami oleh putra-putri
>Nusantara..."

========

memang menarik.... tapi itu sejarah penginjilan di nusantara, bukan
tentang gereja koptik dan nestorian....

yang pernah saya baca, para pengikut gereja nestorian memang terus
bergerak ke timur dari persia sampai ke india.... selanjutnya bukan tak
mungkin mereka telah sampai ke kepulauan nusantara beberapa abad
mendahului para pedagang portugis, spanyol, belanda dan inggris yang
membawa serta agama kristen dan katolik dari eropa.....

tks,

3. Lihat arsip sebelumnya, http://dear.to/ppi