-------Original Message-------

 From: Milis-nova@news.gramedia-majalah.com
Date: 07/14/05 14:58:12
To: milis-nova List Member
Subject: [milis-nova] Different point of view {01}

Artikel bagus dan sebentar lagi keluar bukunya. Maaf bagi yang sudah
pernah baca.

Thanks

TENTANG 'ORANG KOTA' DARI ORANG RIMBA

Saat kami bertemu untuk kedua kalinya pada pertengahan Mei 2005 lalu,
banyak cerita menarik dituturkan Butet Manurung---aktivis pendidikan
suku anak dalam. Cerita tersebut begitu dahsyat sehingga langsung saya
"mengompori" Butet untuk menuliskannya menjadi novel atau semacam
memoar. "Itu akan menjadi buku yang hebat dan bahan belajar untuk
banyak
orang!" kata saya. "Tulislah!"

Di antara kisah dramatis yang ia ceritakan, banyak yang sampai
sekarang
terus berdengung-dengung di hati dan kepala saya. Di antaranya yang
satu
ini. Cerita ini berawal dari pertanyaan saya padanya: "Butet, pernah
kamu bawa anak-anak didikmu ke kota? Apa pendapat mereka tentang kota
dan orang kota?"

Butet tertawa. "Wah, Mbak, mereka kaget sekali melihat kota yang
begitu
ramai dengan gedung menjulang dan kendaraan yang lalu lalang. Mereka
juga suka sekali turun naik menggunakan lift. Mereka tak habis pikir
bisa masuk ke sebuah kotak dari tempat tertentu, dan ketika keluar
dari
kotak tersebut sudah berada di tempat yang berbeda sama sekali!"

Saya tersenyum membayangkan wajah murid-murid Butet yang pasti riang
sekali saat itu.

"Tapi mereka juga sedih melihat kehidupan kota, Mbak.."

"O ya? Bagaimana? Apa mereka sedih melihat kemiskinan?"

Butet menghela napasnya panjang. "Mereka menanyakan soal kebersamaan
dan
keadilan di kalangan masyarakat kota.."

Hari itu saya bisa membayangkan wajah-wajah anak didik Butet saat
mengamati kota.

Saat jalan berkeliling, mereka melihat orang-orang yang berdesak-
desakan
di dalam bis kota hingga bis tersebut cenderung miring. Di sisi lain,
mereka melihat banyak pula mobil mewah berseliweran tanpa penumpang
alias hanya satu orang dalam satu mobil.

Dengan polos mereka bertanya pada Butet yang bunyinya kurang lebih
begini,
"Bu Guru, mengapa orang-orang itu harus berdesak-desakan dalam
kendaraan
roda empat yang besar itu, hingga susah bernapas?"

"Bu Guru, mengapa orang yang lain naik mobil kosong itu sendirian?
Padahal banyak tempat bisa digunakan untuk orang-orang yang berdesakan
itu?"

Butet menjelaskan pada anak-anak didiknya tentang masyarakat kota yang
berbeda, termasuk dalam hal ekonomi. Ada yang mampu membeli mobil
pribadi dan ada yang hanya mampu naik bis beramai-ramai. Ada yang
mobil
pribadinya bahkan lebih dari tiga.

"Boleh kami minta mobil pribadi itu satu?" tanya salah seorang
muridnya.
Dan sebelum Butet menjawab, sang murid sudah berseru meminta mobil
pada
seorang pengendara mobil di perempatan lampu merah. "Minta mobilnya
satu
saja!" teriaknya dengan bahasa rimba. "Minta, untuk dipakai orang
banyak!"

Sang pengemudi kebingungan.

Butet menggeleng, membelai kepala murid-muridnya. "Jangan," katanya
tersenyum.

"Orang-orang kota tidak adil!"

"Orang kota tidak suka bersama!" kata muridnya yang lain.

"Mengapa naik mobil sendiri? Kenapa tidak mengajak yang lain?"

"Ya, kenapa tidak berbagi?"

"Saya lebih suka di hutan!"

Begitulah.
Rupanya di tempat mereka, di rimba sana, siapa pun yang berlebih,
selalu
berbagi apa saja pada si miskin, termasuk harta yang paling berharga
seperti kuda dan emas. Dan si kuat di sana selalu memegang komitmen
untuk melindungi si lemah.

"Saya bangga bersama mereka," bisik Butet kepada saya dengan mata
kaca.
"Saya belajar banyak.!"

Tiba-tiba gerimis merembesi batin saya. Kebersamaan, semangat berbagi,
keadilan., subhanallah! Bukankah sikap itu seharusnya terpatri di
sepanjang usia manusia yang pendek ini? Saya pernah mendengar tentang
itu lama sekali, ketika pria yang dapat membelah bulan, mengajarkannya
pada ummatnya, empat belas abad yang lalu. Dan kini, lewat Butet,
anak-anak dari hutan rimba mengingatkannya sekali lagi pada saya..

Di manapun kalian berada, terimakasih, Nak..

(Helvy Tiana Rosa)

"Ku nu ma'an naas kasy syajar,yarmunahu bil hajar yarmihim bits
tsamar ~ Jadilah
kamu terhadap manusia itu bagai pohon, mereka melemparinya dengan
batu tapi
pohon itu membalasnya dengan menjatuhkan buah" (Hasan
Al Banna)

Gammar Irzandi Moenzil
Indo Pacific
Reputation Management Consultants
Telephone: (62-21) 781-2436
Facsimile: (62-21) 781-2423
E-mail: [EMAIL PROTECTED]
Website: www.indopacific.net

Caution - This e-mail and its contents contain privileged information
that is intended solely for the recipient. If you are not the
intended recipient as evidenced by the salutation and/or content you
are hereby notified that any use, dissemination, distribution or
reproduction of this e-mail is prohibited. If you have received this
e-mail in error please notify the Postmaster at
[EMAIL PROTECTED]  immediately.

Any views expressed in this e-mail are of the sender and may not
necessarily reflect the views of Indo Pacific Reputation Management
Consultants.

3. Lihat arsip sebelumnya, http://dear.to/ppi