Mbak,
Saya memang di sana tahun 96, tetapi sepanjang tugas saya di sana saya
bersama dengan para 'krocomumet' dari batalion-batalion berjalan kaki
ABRI. Saya mendengar langsung bagaimana keluh-kesah mereka, bagaimana
uang LP mereka yang sak-emprit, dibandingkan dengan tugas mereka,
bagaimana mereka kadang tak menyangka bahwa dibalik ratusan
orang-orang sipil terdengar letusan, terus tahu-tahu temen sebelahnya
terkena timah panas...
Anda pernah latihan diklatsar nggak? OK, kalau belum pernah, saya
nyaranin sekali-kali anda ikut nyoba deh, nggak usah yang 3 minggu
sebagaimana kami dulu mahasiswa politeknik atau D-3 misalnya, cukup
seminggu aja maka anda akan merasakan bagaimana setleh latihan refleks
anda akan bereaksi otomatis terhadap ancaman yang diarahkan pada anda.
Tentara itu, kalau ada ancaman, apalagi dalam situasi panas, maka ia
akan bereaksi dengan refleknya untuk membalas.... Bagaimana bisa
mengisolir mbak? JUmlah krocomumet dengan demonstrannya lebih besar
demonstrannya, saya pernah pergi dari bandara komoro ke pelabuhan dili
pas ada demo besar, sementara jumlah Brimob yang mengawal mobil kami
cuma sedikit (hanya ada satu tim 4 orang dengan M-16 berisi peluru
karet masing-masing 1 magasin), dapatkah anda bayangkan rasanya ketika
orang mulai melempar ke arah mobil kami, apa yang harus kami lakukan?
diam sampai kami mati semua kena batu? Terpaksalah brimob-brimob ini
menembak ke udara, tapi jangan salah mereka sudah tahu kalau namanya
brimob ini nembak ke udara, makanya mereka tetap melempar, ya sudah,
daripada konyol ya kita yang cabut aja... Baru setelah tentara datang,
mereka bubar...
Temen geologis yang tertembak itu bukan saat perang, tetapi saat ambil
sampel batuan... Dia ditembak dari arah belakang terkena punggung
tembus ke hatinya, pelurunya kaliber 7.62 mm (kaliber G3 milik
fretilin)
Darimana anda tahu mereka lari terbirit-birit mbak? Laporan BBC atau
ABC ostrali? Kalau percaya mereka sih ya sudah wassalam deh...
DG