--- In ppiindia@yahoogroups.com, Danardono HADINOTO
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> irwank2k2 <[EMAIL PROTECTED]> schrieb:
>
> --- In ppiindia@yahoogroups.com, "kucing_liar1" <[EMAIL PROTECTED]>

> AFAIK, Islam memang dianggap berhadapan dengan barat
> yang memiliki akar budaya dan agama nashrani/yahudi(?)..
>
> -----------------
>
> DH: kalau kita pelajari sejarah dan sejarah filosofi secara seksama,
> maka apa yang anda uraikan itu tidak sesuai dengan kenyataan.

Sebelumnya saya minta maaf kalau lupa nulis CMIIW..
Beneran lho ini.. :-)

> Mengapa? Karena baik Yahudi, Kristen dan Islam adalah berakar sama,
> dan adalah buah pikiran sukubangsa Semit. Budaya mereka ini totally
> identical. Kisah kisah dalam Kuran juga mirip sekali dengan kisah kisah
> dalam Kitab Taurat. Dan Perjanjian lama.

Totally identical?

> Dan, jangan lupa: dari sisi budaya, suku Semit bukan budaya Barat
> (Romawi - Yunani).
>
> By the way, apa sih itu Nashrani? Katolik, Protestant, Baptist, Advent,
> Presbytarian? Yang mana?

Yang mendominasi yang mana, Mbah?

> [...]
> selain Allah), riba, etc. Belum lagi semangat perjuangan melawan
> kezhaliman (jihad)..  Pokoknya banyak ngatur deh..
>
> DH: Ini juga keliru. Peraturan peraturan yang sudah turun dalam Kitab
> Taurat bagi budaya Yahudi, dan kemudian diambil alih oleh Kristen
> (yang juga sebenarnya orang Yahudi), dan Islam, yang adalah
> saudara dalam keluarga rumpun Semit, adalah sama dan sebangun.
>
> Juga umat Yahudi dan kaum Kristen awal TIDAK makan babi.
> Juga mereka diwajibkan sunat. Ini adalah budaya diwilayah
> padangpasir yang identical bagi ketiga budaya itu.

Kalo yang bukan awal, piye Mbah?

> Beberapa aliran Kristiani, misalnya Advent, masih melarang minum
> alkohol, minum kopi, dan berpesta pora. Apa yang dilarang dalam Kuran,
> juga dilarang dalam Kitab Taurat. Jiga mengambil riba. dalam
> masyarakat Kristen kuno, masih dilarang menuntut bunga.

Oh, konsep bunga perbankan itu bukan riba ya?
Yang bikin kreditur makin miskin karena ada hutang pokok dan bunganya..
Dalam masyarakat yang gak kuno, piye Mbah?

> Juga konsep keTuhanan mereka sama, berasal dari Abraham,
> yang oleh orang Arab dinamakan Ibrahim.

Konsep ketuhanan siapa yang sama?

> Di pedalaman Portugal, Spanyol, dan Italia selatan, sampai kini,
> wanita diwajibkan menutup kepala, mirip jilbab.
>
> "Barat" yang dikenal oleh manusia abad ini, adalah synonim dari
> budaya kulit putih. Tetapi ini tidak identik dengan Kristiani,
> yang adalah sama dengan Yahudi dan Islam, berasal dari tanah
> yang sama, dan berakarbudaya sama.

Terima kasih atas penjabarannya. Mungkin maksudnya kulit 'pucat',
ya Mbah? Tidak identik, tapi kenyataannya memang dominan di banyak
negara yang saat ini disebut" sebagai negara maju, ya Mbah?

> Para diplomat dan businessman  dari Saudi Arabia, Mesir, Emirate,
> Lebanon di Eropa kalau di hotel restaurant atau bar di Paris, London,
> Roma, Vienna juga minum whiskey...

Emang kalau bisnismen Arab, Mesir, etc itu kenapa, Mbah?

> [...]
> yang dilakukan oleh kalangan PKI.
>
> DH: ini juga salah besar.
>
> Juga komunisme berasal dari barat. Dari Eropa. Bukan idee Asia atau
> Timur tengah. Yang melahirkan konsep komunisme, "das Kapital"
> adalah orang Jerman (bukan Yahudi, bukan orang Asia atau timur)!
>
> Anda sebut sebut pembrontakan komunisme dizaman penjajahan
> Belanda? Tahukah anda, yang mengajari manusia manusia Melayu
> eh sorry Indonesia (waktu itu namanya kawula Hindia belanda),
> adalah orang BELANDA, namanya Sneevliet! Partai komunis Hindia
> Belanda datang dari Partai Komunis Belanda.

Ok, kita simpan dulu kata Barat-nya, ya. :-)
Tapi tetap saja sampai runtuhnya komunis, blok Kapitalis/Liberalis
terganggu dengan paradigma sosialisme yang sedikit banyak jelas
menghambat laju/usaha mereka..

Dan kalau kita mau jujur, apa yang kita kenal dengan globalisasi sudah
dimulai paling tidak (di Indonesia) sejak jaman kumpeni (VOC).
Sudah ada konsep perusahaan Multinasional.. hehehe..
Perusahaan dari Belanda, pake tenaga kerja dari lokal (Indonesia
atau apalah namanya waktu itu), dengan bahan baku/mentah dari lokal..
untuk menekan biaya produksi dan meningkatkan profit sebesar"nya..

> Jadi Barat lawan komunis iru omong kosong.

Ya Mbah, kalau definisi Barat itu mengacu pada lokasi/peta..
Tapi prakteknya kan tetap bukan basa basi.. kenyataan sejarah
memang ada..

> Jepang sudah selalu memusuhi komunis, juga Taiwan, apa mereka barat?
> Kan orang Asia, jadi timur. Pembrontakan Madiun, juga terjadi di Timur
> yaitu Jawa Timur, bukan di Padang yang adalah Barat!

Hehehe.. Mbah (guru) bisa juga main ple-setan.. temennya ple-boy.. :-)

> Gimana to? Kalau belajar sejarah jangan amburadul, mas!

Hore.. Mbah pake tanda pentung..
tapi jangan dipake buat mentungin saya ya, Mbah.. :-)
Mencerdaskan kehidupan bangsa berpahala lho..

> Salam
>
> Danardono

Wassalam,

Irwan.K