Salam,
Saya lihat Michelle Leslie seddang nyontoh para kriminal, rampok, maling,
pembunuh dan lainnya yg dihadapkan ke meja hijau di Indonesia. Ketika melalukan
aksinya dilakukan sendiri. Ketika sudah terasa sakitnya atau jeleknya, baru
dibawa simbol Islam. Pakai kupiah, pakai baju koko, pakai jilbab dll. Pada hal
ketika melakukan aksi jahatnya tidak pernah simbol itu dipakai.
Memakai simbol keagamaan dalam berhadapan dengan pengadilan menurut saya
mempunyai 3 implikasi; (1) minta simpati mayoritas yg mempunyai simbol yg sama,
alias minta dikasihani, (2) menunjukkan penyesalan karena telah melanggar norma
yg mempunyai simbol itu, (3) merusak nama baik siapa saja yg menggunakan simbol
itu. Saya berkeyakinan yg ketiga inilah yg paling dominan. Di sejumlah negara
sekarang simbol Islam sudah sangat identik dengan kekerasan.

Seandainya saya bisa usul, ketika seorang berahdapan dengan hukum, dia harus
menanggalkan segala simbol yg bisa menyeret orang lain yg juga mempunyai simbol
yg sama.

Kok saya jadi sensitif seperti ini ya...:)? Ya mungkin karena saya beberapa
kali melihat tayangan TV Australia yg selalu berusaha mengiringi berita
kekerasan - yg dilakukan sekelompok Islam - dengan simbol2 yg menggiring
audiencenya bahwa mereka yg memakai simbol inilah pelakunya.

Salam
Suaidi
Ari Condro <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Lho, apa hubungannya konteks memakai cadar di pengadilan
dengan melindungi minoritas ???

1. Sudah saya kasih contoh kalau konteks memakai cadar
ala leslie tidak tepat.  Termasuk teman saya di Fak. Kedokteran
yang banyak salafynya yg bercadar itu, kalau ujian, ketemu pasien
dan dilab harus buka cadarnya.

2. Masalah anda pakai sistem identifikasi modern sich silakan aja,
FYI, bahtsul masail NU untuk pembuktian garis darah anak dengan
metode DNA aja ditolak lho ....

3. Kalau alaan Leslie supaya nggak iritated di acara sidang,
sehingga dia pakai penutup silakan aja.  Mau pakai helm
pun silakan, asal peraturan sidang memperbolehkan.
Hakim orang bali kali, sehingga nggak bergitu ngerti
cadar boleh dipakai gak dalam pengadilan, atau dia emang
juga cuek aja.

4. Yg jadi concern saya, penggunaan simbol agama tertentu,
kalau itu dipakai untuk mendapat sentimen publik dan untuk
menyelamatkan diri [ apa dia pikir Indonesia ini melindungi
para fundies ? ]  justru sangat meresahkan.

Bayangkan , seorang model pakaian renang bisa punya
ide pakai jubah dan cadar di pengadilan sebuah negera
yang mayoritas muslim,  pola pikir ini yang menurut saya,
sangat menarik sekali, ho ho ho ........  :D

salam,
Ari Condro