Boleh bertanya sekaligus konfirmasi lagi Mas Danar?
:
Yang saya maksudkan adalah Uni Soviet (glasnots dan Perestroika :maap
kalo salah mengeja) yang Bubar..(bukan Rusia);
Karena mereka dulu bisa ngimbangi US, tapi akhirnya terseret dalam
keterpurukan...
Bukan begitu?
Yang jadi patokan adalah umur dari kedaulatan sebuah wilayah kekuasaan
(negara).
Memang sih rakyat-nya sama tapi kan negaranya dibubarin dulu...

Itu pun berlaku pada Finland yang dulu dijajah Swedia dan Rusia, lalu
merdeka..(nah yang dihitung sejak merdeka itu lalu menjadi seperti saat
ini..)

Juga Majapahit, yang dulu memang besar (katanya)..sekarang burak-rantak
dihajar Kerajaan Islam (katanya lagi) dan lari ke Bromo dan Bali;
Persis sama kaya negara kita yang baru 60 tahun..gak perlu dihitung
semenjak VOC yang korup itu..Tapi semenjak Mas Karno Baca Proklamasi.

Austria pun begitu...
Adalah dalam bentuk negaranya saat ini, bukan kerajaan yang dahulu...
Yang dalam bentuk negara modern githu lhoh..!

Jadi logikanya yang dulu itu mbahnya (kerajaan Austria), sekarang
cucunya (Negara Austria)..
Dulunya mbah nya kaya..eh cucunya sekarang miskin..(misalkan)

Begitu lo Mas..
Mengapa saya berpikir demikian?
Karena yang saya cermati adalah dalam hal umur sebuah ideologi suatu
negara, paham sebuah negara, cara pandang sebuah negara...
Bukan umur dalam artian teritorinya dan penduduknya Mas...

Karena ini kaitannya dengan seberapa jauh pengelolaan, kebijakan negara
terhadap warganya..layaknya sebuah keluarga mengatur anak-anaknya...

Bukankah kita memang berbeda agama, mungkin juga beda suku, juga beda
usia..tentunya juga beda Istri (hehehe), namun yang sama Cuma satu:
Indonesia-nya..
Bukan begitu?
Salam,
Rio